Kalbar  

Sekda Kalbar Ajak Wujudkan Keseimbangan Hak Kewajiban antara Masyarakat dan Badan Publik

Peringatan Acara Hari Keterbukaan Informasi Nasional Tahun 2022 (HARKIN 2022) di Taman Sepeda Untan POntianak, Minggu (5/6/2022).

Pontianak (Suara Kalbar) – Sekretaris Daerah Kalimantan Barat, Harisson mengajak untuk mewujudkan keseimbangan hak dan kewajiban antara masyarakat dan badan publik.

Hal itu ditegaskan saat membuka Peringatan Acara Hari Keterbukaan Informasi Nasional Tahun 2022 (HARKIN 2022) di Taman Sepeda Untan POntianak, Minggu (5/6/2022).

Harisson mengapresiasi kepada para Panitia atas terselenggaranya HARKIN 2022.

“Saya mengapresiasi kepada seluruh panitia dan yang telah memberikan dukungan termasuk semua peserta yang hadir di sini, semoga kita menjadi agen keterbukaan informasi menuju Kalbar terbuka dan informatif,” ungkap Sekda.

Informasi merupakan kebutuhan mendasar bagi setiap orang baik untuk pengembangan pribadi maupun lingkungan sosialnya, serta sebagai bagian penting bagi ketahanan nasional. Hak untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi telah diatur dalam pasal 28 UUD Republik Indonesia Tahun 1945. Untuk mewujudkan keterbukaan informasi makan ditetapkanlah UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan Informasi Publik dan peraturan pelaksanaannya, agar terarah hak dan kewajiban masyarakat dalam mencari hingga menggunakan informasi.

“Selain mematuhi ketentuan yang mendukung keterbukaan informasi, dalam mewujudkan keterbukaan informasi di Provinsi Kalimantan Barat pada hari ini diselenggarakan Peringatan HARKIN 2022 dengan berbagai kegiatan untuk memeriahkannya. Keterbukaan informasi juga harus dipahami seluruh masyarakat dengan memupuk semangat tersebut sejak usia dini. Maka, saya berharap jadikan kegiatan HARKIN 2022 ini sebagai upaya dan sarana dalam meningkatkan kualitas keterbukaan informasi,” harapnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS