PLN Kalbar Dorong Peningkatan Pendidikan Literasi Anak Melalui Program Mobil Dongeng PLN Peduli

PLN Kalbar Dorong Peningkatan Pendidikan Literasi Anak Melalui Program Mobil Dongeng PLN Peduli. SUARAKALBAR.CO.ID/Humas PLN

Singkawang (Suara Kalbar) – Guna memberikan pendidikan yang berkualitas bagi anak usia sekolah, PLN berkolaborasi dengan Komunitas Kampung Dongeng Singkawang menyelenggarakan program Mobil Dongeng PLN Peduli. Mobil yang didesain khusus untuk menarik minat anak-anak dalam meningkatkan program edukasi ini berupa layanan dongeng atau cerita anak, membaca buku dan kegiatan permainan kreatif keliling yang dilaksanakan secara rutin.

“Melalui program Mobil Dongeng PLN Peduli, kami menyalurkan bantuan dana TJSL senilai 130 juta rupiah berupa mobil kreatif, soundsystem dan buku bacaan untuk mendukung peningkatan pendidikan literasi anak melalui kegiatan dongeng,” ungkap Manager PLN UP3 Singkawang, Achmad Meidiansyah dalam siaran persnya pada Minggu (25/6/2022).

Ia juga menyebutkan bahwa program kolaborasi ini merupakan wujud komitmen PLN dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan demi terciptanya generasi penerus bangsa yang cerdas dan berakhlak mulia, tentunya lewat berbagai program yang ada di Mobil Dongeng PLN Peduli.

Sementara itu, Ega Tyas Kusumastuti, Ketua Komunitas Kampung Dongeng Singkawang menyampaikan bahwa kegiatan dongeng sendiri memiliki banyak manfaat terutama dalam masa pertumbuhan anak, antara lain mendorong perkembangan kognitif pada anak, perkembangan sosial dan emosional, mengembangkan daya imajinasi, meningkatkan keterampilan bahasa, serta membangkitkan minat baca.

Diakuinya, perkembangan literasi di Kota Singkawang masih perlu dikembangkan, hal ini menjadi alasan Kampung Dongeng Singkawang terbentuk sebagai wadah untuk menampung kegiatan anak-anak yang dapat memicu imajinasi dan kreatifitas anak, serta mengajak anak untuk belajar berpikir kritis terhadap isu lingkungan, kebiasaan hidup sehat, bahkan himbauan penggunaan listrik yang aman.

“Bantuan Mobil Dongeng PLN Peduli ini semakin menambah semangat kami untuk terus mengedukasi anak-anak terutama didaerah terpencil yang sulit menjangkau akses pendidikan dan informasi, serta daerah pasca bencana atau daerah pengungsian,” tutur Ega.

Sebelumnya, Ia mengaku kesulitan apabila harus menuju lokasi kegiatan yang cukup jauh dan terkendala cuaca yang tidak menentu.

“Alhamdulillah, dengan adanya bantuan Mobil Dongeng PLN Peduli ini, kami bisa membawakan banyak buku cerita, peralatan dongeng, berbagai hadiah atau bingkisan untuk anak-anak, serta mengakomodir para relawan, meski cuaca hujan maupun panas,” pungkas Ega.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS