Lahan Padi di Sanggau Bertambah 5.769 Hektar

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Ketahanan Pangan, Hortikultura dan Perikanan (DTPKPHP) Kabupaten Sanggau Kubin

Sanggau (Suara Kalbar) – Kepala Dinas Tanaman Pangan, Ketahanan Pangan, Hortikultura dan Perikanan (DTPKPHP) Kabupaten Sanggau Kubin mengatakan pada tahun 2021, luas tanam khusus padi bertambah 5.769 hektar dari luas lahan keseluruhan 25.496 hektar.

“Jadi ada tambahan produksi. Kalau rata-rata perhektar menghasilkan 2,36 ton padi, maka jika dikalikan luas lahan tambahan 5.759 hektar maka produksi tambahan kita kurang lebih sebesar 13.643 ton,”ujar Kubin, Senin (20/6/2022).

Dia menjelaskan itupun belum termasuk lahan kering, tapi untuk lahan kering belum kita data.
Kubin berharap lahan pertanian yang ada dimanfaatkan secara maksimal untuk kepentingan petani itu sendiri.

“Secara ekonomis tentu hasil pertanian ini bisa meningkatkan kesejahteraan petani. Harapan saya, lahan pertanian yang ada dimaksimalkan. Kami dari Pemerintah Daerah siap membantu para petani untuk meningkatkan produksi,”tegasnya.

Ketika Disinggung berapa tambahan untuk luas lahan baru di tahun 2022, Kubin mengaku saat ini pihaknya masih melakukan pendataan.”Tahun 2022 ini petugas kita masih melakukan pendataan,” jelasnya.

Kubin memastikan, hasil produksi padi yang ditanam petani cukup untuk kebutuhan lokal.”Ada beberapa beras kita yang sudah dipasarkan di luar, dengan packeging yang baik tentunya,” katanya.

 

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Penulis: DarmansyahEditor: Suhendra