Kemenkominfo Jelaskan Program Adopsi Teknologi Digital Bagi UMKM di Kalbar

Gubernur Kalimantan Barat H. Sutarmidji beraudiensi bersama Direktur Ekonomi Digital Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, I Nyoman Adhiarna beserta jajarannya di Pendopo Gubernur Kalimantan Barat, Jl. Ahmad Yani Pontianak, Jumat (17/6/2022).

Pontianak (Suara Kalbar) – Gubernur Kalimantan Barat H. Sutarmidji beraudiensi bersama Direktur Ekonomi Digital Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, I Nyoman Adhiarna beserta jajarannya di Pendopo Gubernur Kalimantan Barat, Jl. Ahmad Yani Pontianak, Jumat (17/6/2022).

Maksud kunjungan jajaran Kominfo RI ini untuk menjelaskan kepada Gubernur, terkait Program Adopsi Teknologi Digital 4.0 bagi UMKM (UMKM Go Online) dengan tujuan melakukan pendampingan dan pelatihan Teknologi Digital kepada pelaku UMKM agar dapat naik kelas dari sisi adopsi teknologi digital.

“Program kerja kami terkait Adopsi Teknologi Digital ini sudah berjalan cukup lama kurang lebih 5 tahun. Tahun ini kita fokusnya kepada pelaku UMKM untuk diperkenalkan Teknologi Digital ini dan akan kita dampingi serta fasilitasi,” kata Direktur Ekonomi Digital Kementerian Kominfo RI.

Direktur Ekonomi Digital menambahkan sesuai arahan Presiden Republik Indonesia terkait UMKM dalam rangka pemulihan ekonomi di Indonesia setelah pandemi, peran UMKM menjadi pilar penting.

“Peran UMKM sangat penting dalam mendorong pemulihan perekonomian dan UMKM kita bisa mampu bertransaksi secara digital, jangan sampai platform digital kita tidak diisi dengan UMKM,” ujar I Nyoman Adhiarna.

Sementara itu, Gubernur Sutarmidji pada prinsipnya mengapresiasi, terutama dalam hal transaksi digital karena membuat masyarakat lebih mudah dalam bertransaksi, hanya saja terkendala di beberapa wilayah yang belum dialiri listrik dan jaringan internet.

“Banyak produk kita (UMKM Kalbar) yang sangat bagus tetapi hanya saja masih dipromosikan lewat mulut ke mulut dan itu kurang efektif, apalagi pada era sekarang ini, jadi silahkan saja jalankan program ini (UMKM Go Online),” jelas Gubernur.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS