Sport  

Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023

Mnpora dan Ketum PSSI bertemu (Foto:Suara.com)

Suara Kalbar – Menurut jadwal, Piala Asia 2023 akan digelar di Tiongkok pada 16 Juni-16 Juli 2023. Akan tetapi, karena kasus Covid-19 meningkat, penyelenggaraannya dibatalkan di negara tersebut. Setelah itu, AFC menawarkan negara-negara Asia termasuk Indonesia yang sanggup menggantikan Tiongkok dan melengkapi persayaratan hingga akhir Juni 2022.

Pada akhirnya, PSSI mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Asia 2023. Kabar baiknya, Pemerintah Indonesia juga mendukung terkait penyelenggaraan tersebut.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan, setelah berkoordinasi dengan pemerintah, PSSI memutuskan untuk mengajukan diri menjadi tuan rumah Piala Asia 2023.

‘’Setelah PSSI berkoordinasi dengan pemerintah dalam hal ini Kemenpora, akhirnya PSSI resmi mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2023. PSSI pun mengucapkan terima kasih kepada pemerintah dalam hal ini Menpora Zainudin Amali yang telah mendukung rencana ini,” ujarnya.

Iriawan menegaskan, semua persyaratan yang diminta oleh AFC segera pihaknya siapkan. Kemudian akan dikirim secepat mungkin.

Diketahui, saat ini sudah ada empat negara yang mengajukan diri menjadi tuan rumah, yakni Australia, Jepang, Korea Selatan, dan Qatar. Jepang dan Korea Selatan pernah menjadi tuan rumah Piala Dunia 2002.

Jepang salah satu negara yang memiliki infrastruktur stadion bagus. Selain itu, Jepang juga punya pengalaman menjadi tuan rumah Piala Dunia 2002 bersama Korea Selatan. Ada juga turnamen rugby global pada 2019 dan turnamen sepak bola Olimpiade Tokyo 2020 yang digelar tahun lalu.

Pemikian juga dengan Korea Selatan dan Australia pun memiliki infrastruktur stadion yang bagus. Sedangkan Qatar, akan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022. Tidak hanya punya stadion yang bagus, mereka juga sangat siap menyambut peserta Piala Dunia.

Sebelumnya, Menpora, Zainudin Amali menyebut PSSI akan mengajukan diri jadi tuan rumah Piala Asia 2023. Menpora menyebut PSSI sudah menyampaikan permohonan dan Pemerintah telah mendukung langkah tersebut.

“Ada permohonan dari PSSI untuk jadi tuan rumah Piala Asia. Pemerintah sudah setuju dan mempersilakan jadi tuan rumah,” jelasnya.

Amali juga menegaskan, Presiden Joko Widodo juga sudah mengetahui rencana Indonesia untuk jadi tuan rumah.

“Saya langsung laporkan Presiden untuk meminta arahan. Kata beliau menyampaikan, silakan kita mengajukan diri,” pungkasnya.

Penulis: Suara.comEditor: Ela priska