DPRD Bengkayang: Pos Lintas Batas Negara Cegah Praktek Illegal

Wakil Bupati Bengkayang Syamsul Rizal mengunjungi lokasi Pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) perbatasan antara Kecamatan Jagoi Babang Kabupaten Bengkayang dengan Negara Malaysia (ANT)

Bengkayang (Suara Kalba) – Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, Esidorus berharap Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Jagoi Babang di daerahnya segara hadir dan hal itu bisa menjadi solusi dan mencegah praktek ilegal.

“Semoga PLBN Jagoi Babang di wilayah perbatasan Kabupaten Bengkayang, Indonesia – Serikin, Malaysia segara hadir. Ini menjadi langkah nyata untuk mencegah tindakan ilegal,” ujarnya saat dihubungi di Bengkayang, Kamis.

Esidorus menjelaskan bahwa permasalahan yang sering muncul di wilayah perbatasan yaitu peredaran narkoba, perdagangan orang, dan perdagangan ilegal, dan lainnya. Hal itu, yang dikatakannya, mesti dicegah dan ditanggulangi ketika PLBN Jagoi Babang diresmikan nantinya.

Lanjutnya, dengan adanya PLBN, kejahatan lintas negara itu diharap bisa ditekan. Pada sisi lain, PLBN Jagoi Babang juga diinginkan menjadi pusat ekonomi baru bagi masyarakat perbatasan.

“Sehingga diharapkan kehidupan sosial masyarakat perbatasan bisa lebih baik dengan peluang usaha yang terbuka lebar. Semoga pengawasan di wilayah perbatasan semakin baik, dapat menyelesaikan permasalahan yang ada termasuk PLBN Jagoi Babang yang tengah gencar dilakukan pembangunannya saat ini,” kata dia.

PLBN Jagoi Babang rencana akan diresmikan pada Juli 2022. Dari kontraktor dan Balai Besar Kementerian Pekerjaan Umum saat ini pengerjaan proyek PLBN tersebut sudah mencapai di atas 70 persen.

Sebelumnya, Wakil Bupati Bengkayang Syamsul Rizal mengatakan bahwa seluruh masyarakat sangat mendukung pemerintah pusat dalam merealisasikan target penyelesaian pembangunan PLBN tersebut.

“Kita selalu mendukung, agar pengerjaan PLBN dapat berjalan dengan baik dan sesuai yang ditargetkan pemerintah pusat. Besar harapan kami pembangunan PLBN Jagoi Babang itu sesuai target pemerintah pusat dan pada akhirnya mendatangkan manfaat serta kemajuan daerah serta kesejahteraan masyarakat,” ucap Rizal.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS