Akhirnya Diringkus Polisi, Begini Kronologi TNI Gadungan Kelabui Warga Lalu Bawa Kabur Sepeda Motor Di Cilandak

Ilustrasi penangkapan.(Foto:Suara.com)

Suara Kalbar – Paling tidak Arpan (38), warga di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan kini bisa sedikit lega. Seorang pria berinisial K alias A alias S yang baru dikenalnya dan mengaku sebagai anggota TNI AL akhirnya bisa diringkus polisi.

Arpan sebelumnya melaporkan ulah K alias A alias S yang ternyata adalah seorang TNI gadungan ke polisi. Sepeda motor milik Arpan dibawa kabur TNI gadungan itu. Pelaku diringkus oleh tim dari Polsek Cilandak.

Kapolsek Cilandak, Kompol Multazam kepada wartawan hari ini, Senin (20/6/2022) mengatakan, TNI gadungan ditangkap pada Minggu (19/6/2022) kemarin

Iya sudah ditangkap. Inisialnya K alias S alias A,” ucap Multazam.Bawa Kabur Sepeda MotorMelalui sambungan telepon, Arpan bercerita awal mula pertemuannya dengan pria yang mengaku sebagai anggota TNI AL yang bernama Wanto.

Awalnya, Arpan yang tengah menemani anaknya bermain odong-odong dihampiri oleh sosok Wanto pada 2 Juni 2022 lalu.Dalam pertemuan itu, Arpan dan Wanto saling berbincang hingga kemudian saling bertukar nomor telepon. Kepada Arpan, Wanto juga mengaku sebagai anggota TNI AL yang tinggal di Asrama Hankam, Pondok Labu, Jakarta Selatan.

“Akhirnya dia minta nomor WA saya, tapi sebelum itu dia ngaku sebagai TNI angkatan laut tinggal di asrama Hankam, Pondok Labu,” kata Arpan, Selasa (14/6/2022).Tidak hanya itu, Wanto turut membikin Arpan semakin percaya. Kepada Arpan, Wanto menawarkan jika hendak berdagang di kawasan Cilandak tidak perlu membayar sewa dan hanya tinggal menyebut namanya.

“Terus dia nawarin segala macem, ‘kalau mau dagang di daerah sini, sebut aja nama saya, tidak usah pakai bayar’, saya semakin yakin tuh ya,” ucap dia.

Dua hari berselang, tepat tanggal 4 Juni 2022, Wanto menghubungi Arpan dengan mengatakan hendak main ke rumah. Akhirnya, ia datang ke rumah Arpan pada malam hari dengan menggunakan seragam TNI AL.Malamnya dia main. Tanggal 4 main, dia pakai pakaian lengkap, pakai seragan bawa pistol juga,” ucap Arpan.

Gelagat mencurigakan semakin terlihat kala Wanto mengambil foto motor Arpan yang ada di rumah. Sontak, Arpan menjepret balik sosok Wanto dan seketika mendapat perintah untuk menghapus.

“Saya sudah curiga, kok motor saya di foto, setelah itu saya foto balik orangnya, tapi disuruh hapus sama dia, ya sudah saya apus. Tapi kan bisa dikembalikan lagi (direstore),” papar Arpan.

Esoknya, 5 Juni 2022, Wanto kembali menghubungi Arpan dan hendak kembali main ke rumah. Hanya saja, Arpan sedang ada acara di luar sehingga Wanto tidak jadi berkunjung.

Pada 6 Juni 2022, Wanto kembali ingin berkunjung ke kediaman Arpan. Lagi-lagi, dia gagal lantaran Arpan masih bekerja dan tidak berada di rumah.

Dalam sambungan telepon, Wanto mengaku hendak main ke tempat kerja Arpan. Tiba di tempat kerja Arpan, Wanto kembali bertanya soal motor.Di kerjaan ditelepon, akhirnya main ke kerjaan saya. Saya curiga lagi, pertama kali dia masuk ke tempat kerjaan saya dia nanyain motor saya, saya nggak bawa motor. Dia pakai pakaian bebas disitu. Senjata tapi tetep bawa,” jelasnya.

Pada 7 Juni 2022, Wanto kembali berkunjung ke kediaman Arpan. Kepada Arpan, Wanto mengaku membawa mobil sehingga harus jalan kaki untuk masuk gang.

Wanto pun sempat berbincang dengan keluarga Arpan. Tiba-tiba, Wanto meminta izin kepada Arpan untuk meminjam motor dengan alasan hendak mengambil barang di mobilnya.

“Tiba-tiba, dia minjem motor katanya ‘saya mau ke mobil mau ngambil barang’. Dia nyalain motor abis itu udah tidak liat dia lagi,” ucap Arpan.

Arpan yang merasa curiga langsung mendatangi ke Asrama Hankam untuk mencari pelaku. Tiba di lokasi, ternyata Wanto tidak tinggal di sana.

Arpan pun baru sadar kalau Wanto adalah anggota TNI gadungan. Arpan kemudian mendatangi Mapolsek Cilandak dan membikin laporan atas pencurian sepeda motor tersebut.Dari situ saya langsung ke Asrama Hankam untuk ngebuktiin bener nggak dia tinggal di situ. Nah ketahuanlah disitu, ternyata dia tidak tinggal di situ, dia TNI gadungan,” imbuh dia

Penulis: Suara.comEditor: Ela priska