Ulama Muda Arab Saudi Pimpin Salat Tarawih di Masjid Agung Al-Falah Mempawah

Ulama muda Arab Saudi, Mohamed Gamil Mohamed Abdalla, saat memberikan tausiah yang diperjelas oleh penerjemah saat Salat Tarawih perdana di Masjid Agung Al-Falah Mempawah, Sabtu (2/4/2022). SUARAKALBAR.CO.ID/Foto. Distra

Mempawah (Suara Kalbar) – Imam Masjid di Madinah, Kerajaan Arab Saudi, Mohamed Gamil Mohamed Abdalla, memimpin pelaksanaan Salat Tarawih pada malam 1 Ramadan 1443 H di Masjid Agung Al-Falah Mempawah, Sabtu (2/4/2022).

Ulama muda yang akrab disapa Syekh Jamil ini, usai Salat Isya turut memberikan tausiah kepada ratusan umat muslim di masjid kebanggaan Mempawah tersebut.

Turut hadir pada Salat Tarawih perdana itu, Bupati Mempawah, Erlina, Wabup Muhammad Pagi, pimpinan OPD, pimpinan instansi lintas sektoral, serta para alim ulama dan tokoh masyarakat.

Syekh Jamil mengaku bahagia bisa kembali hadir di Mempawah. Ia menegaskan, sangat mencintai Bumi Galaherang yang dinilainya memiliki bobot sebagai daerah yang agamis.

Kehadiran Syekh Jamil sendiri atas undangan Pemerintah Kabupaten Mempawah. Tahun sebelumnya, ia juga hadir untuk melaksanakan program Safari Ramadan berkeliling kecamatan.

Dalam tausiahnya yang diperjelas oleh seorang penerjemah, Syekh Jamil mengajak seluruh umat muslim untuk terus meningkatkan iman dan takwa kepada Allah SWT.

“Kehidupan di dunia ini hanya sementara. Karena itu, kita umat Islam harus memiliki bekal takwa kepada Allah SWT,” ujarnya.

Menurut dia, dalam menjalani hidup, umat Islam juga harus menjadikan Allah SWT sebagai tujuan, dengan senantiasa mengharap ridhaNya dan menjadikan surga sebagai cita-cita.

“Untuk mencapai takwa, salah satunya adalah dengan berpuasa sebulan penuh di bulan suci ramadan, sebab Allah SWT memberikan keistimewaan pada penghulu sekalian bulan ini, sehingga seluruh ibadah yang dikerjakan akan mendapat pahala berlipat ganda,” imbuh Syekh Jamil.

Ia selanjutnya berpesan, agar di bulan ramadan ini menjadi sarana bersama untuk senantiasa bertaubat kepada Allah SWT atas kekhilafan dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

“Sebaik-baiknya taubat adalah Taubat Nasuha. Sadari kesalahan-kesalahan kita dan terus berupaya untuk menghindari perbuatan dosa,” tegasnya.

Syekh Jamil juga mengingatkan akan pentingnya membaca niat dalam berpuasa ramadan. Alangkah baiknya di awal ramadan ini membaca niat berpuasa selama sebulan penuh.

“Dengan demikian, jika terlupa membaca niat pada suatu hari di bulan ramadan, maka insya allah tidak akan menjadi masalah,” paparnya.

Dan terakhir, ia mengajak seluruh umat Islam untuk selalu berdoa agar diberikan Allah SWT kesehatan dan kekuatan agar bisa melaksanakan puasa Ramadan dan ibadah-ibadah lainnya dengan baik.

Sebelumnya, Bupati Mempawah, Erlina, mengajak seluruh umat Islam di Kabupaten Mempawah untuk menjadikan bulan suci ramadan sebagai sarana untuk meningkatkan iman dan takwa kepada Allah SWT.

Erlina juga mengatakan, kehadiran Syekh Jamil diharapkan dapat menumbuhkan semangat masyarakat muslim untuk semakin memakmurkan masjid di bulan penuh berkah.

“Dan Insya Allah, Syekh Jamil ini akan berkeliling kecamatan untuk mengikuti Program Safari Ramadan Pemkab Mempawah,” tutupnya.