Kepulangan PMI Jelang Idulfitri Meningkat

Antrian PMI periksa dokumen dipintu kedatangan PLBN Entikong meningkat jelang Idul Fitri.SUARAKALBAR.CO.ID/AGUS A

Entikong (Suara Kalbar) – Jelang Idulfitri atau memasuki pekan ke 2 puasa ramadhan meningkat jumlah kedatangan Pekerja Migran Indonesia(PMI) di Pos Lintas Batas Negara-PLBN Entikong.

“Sejak lima hari terakhir dengan rata-rata lebih dari 300 orang pelintas perhari tiba di perbatasan Entikong yang merupakan PMI pulang mandiri ketanah air dari Sarawak Malaysia menuju Kalimantan barat Indonesia, ungkap Suverpisor tempat pemeriksaan Imigrasi di Entikong, Muhamad Ramtan Pratama, kamis (14/4/2022).

Jika di kalkulasikan sejak Sabtu lalu, sedikitnya ada 1.350 PMI pulang ke tanah air, dengan perjalanan mudik lebaran dan sudah selesai kontrak kerja di Sarawak.

Untuk Kamis ini, ada sedikit penurunan di bandingkan dengan 4 hari sebelumnya, dimana hanya ada 101 PMI pulang mandiri melalui perbatasan Entikong, ungkap Ramtan.

Sebagian besar PMI yang tiba di PLBN Entikong setelah melalui pemeriksaan kesehatan Covid-19 dan non reaktif, langsung melanjutkan perjalanan menuju Pontianak.

Diprediksi sepekan jelan Idul Fitri mendatang dipastikan kepulangan PMI bakal meningkat drastis. PIhak Imigrasi sudah menambah jumlah personil baik di kedatangan dan di luar PLBN untuk mengawasi aktivitas kebarangkatan untuk memastikan tidak ada pelintas yang berusaha masuk ke luar negeri tanpa melalui pemeriksaan Imigrasi.