Kementerian PUPR Anggarkan Rp 264 Miliar untuk Perbaiki Jalan dari PPU ke IKN Nusantara

Penanganan jalan menuju IKN Nusantara dari Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) mulai dilaksanakan. [ANTARA]

Suara Kalbar (Suara Kalbar) – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menganggarkan lebih kurang Rp 264 miliar untuk memperbaiki jalan menuju Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

Hal itu disampaikan Kepala Bagian Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten (Sekdakab) PPU, Nicko Herlambang beberapa waktu lalu. Ia mengatakan, pemerintah pusat mengalokasikan anggaran untuk perbaikan atau peningkatan jalan menuju IKN Nusantara.

“Pemerintah pusat lakukan penanganan (preservasi) jalan menuju IKN Nusantara dari arah Kabupaten Penajam Paser Utara dengan dana sekitar Rp 264 miliar pada tahun ini (2022),” ujarnya, mengutip dari ANTARA, Kamis (21/4/2022).

Proyek penanganan jalan Kementerian PUPR tersebut yakni, jalan simpang ITCI menuju simpang tiga Riko segmen I sekitar Rp 85,3 miliar, dan jalan simpang ITCI menuju simpang tiga Riko segmen II sekisar Rp 87,9 miliar. Kemudian, Penanganan jalan simpang tiga Riko menuju bentang pendek Jembatan Pulau Balang dengan anggaran lebih kurang Rp 91 miliar.

Ia menuturkan, diharapkan paling lambat akses jalan dari PPU menuju IKN Nusantara tersebut dapat rampung dan sudah bisa digunakan pada tahun depan.

“Dengan adanya penanganan jalan itu diharapkan jalan rusak di Kelurahan Riko menuju IKN maupun Jembatan Pulau Balang dapat segera selesai dan dinikmati masyarakat,” ucapnya.

Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Kaltim menurutnya, telah melakukan kontrak pekerjaan tiga proyek penanganan jalan penunjang IKN Nusantara tersebut. Setelah dilakukan kontrak pekerjaan,, BPJN Kaltim langsung melakukan persiapan pengerjaan di lapangan.

Pemkab PPU juga berharap, pemerintah pusat memberikan tambahan dana untuk pembangunan infrastruktur lainnya di daerah berjuluk “Benuo Taka” tersebut.

“Harapan kami, jalan rusak itu dapat segera dibenahi dan proses persiapan maupun pengerjaan bisa segera dikebut agar cepat selesai,” tandasnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS