Ini Tips Jaga Kesehatan di Musim Pancaroba saat Mudik Lebaran

Ilustrasi Mudik.(Shutterstock)

Suara Kalbar – Lebaran identic melakukan mudik ke kampong halaman. Berikut kami bagikan Tips Jaga Kesehatan di Musim Pancaroba Jelang Mudik Lebaran.

Melakukan perjalanan mudik cukup menguras tenaga dan fikiran. Entah kelelahan karena jarak, macat dan cuaca, sering kali membuat Anja jatuh sakit.

Guna menghindari jatuh sakit saat mudik khususnya di Hari Raya Idul Fitri. Yuk, ikuti beberapa tips berikut supaya Anda tidak mudah sakit di musim pancaroba saat mudik dilansir Hello Sehat.

1. Tingkatkan asupan makanan bergizi

Makanan adalah sumber energi dan nutrisi bagi tubuh. Tidak hanya menjaga organ tubuh agar bekerja secara normal, nutrisi dari makanan, seperti vitamin C, zat besi, dan protein ternyata secara khusus dapat mendukung sistem kekebalan tubuh.
Anda dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut dari berbagai makanan, seperti jeruk, daging merah, telur, ikan, dan sayuran hijau.

2. Minum air putih yang cukup

Air tidak hanya meredakan dahaga, tapi juga menjaga kelembapan tubuh dan menjadi komponen utama dari pembentukan plasma darah.

Selain itu, air membantu mengedarkan oksigen ke seluruh bagian tubuh dan membantu mengeluarkan zat yang tidak dibutuhkan tubuh. Jika tubuh kekurangan cairan, organ tubuh tidak dapat bekerja dengan efektif, termasuk sistem kekebalan tubuh Anda. Untuk itulah, mencukupi kebutuhan air setiap di musim pancaroba penting untuk mencegah sakit.

Namun, kebutuhan air setiap orang itu berbeda-beda, tergantung dengan usia, kondisi kesehatan, dan aktivitas yang dilakukan. Kisaran banyaknya air yang harus dipenuhi anak-anak dan orang dewasa setiap hari, antara lain 1200 ml hingga 2000 ml atau sekitar 8 gelas sehari.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS