Sambut Ramadan, Ini Pesan-pesan Kepala Kemenag Mempawah

Hasib Arista, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Mempawah. SUARAKALBAR.CO.ID/Foto. Istimewa

Mempawah (Suara Kalbar) – Bulan Ramadan tak lama lagi datang. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mempawah, Hasib Arista, mengajak umat Islam untuk menyambut bulan Ramadan dengan bahagia dan berkomitmen untuk meningkatkan kualitas amal ibadah.

“Kita bersyukur masih diberikan umur yang panjang hingga merasakan nikmatnya beribadah di bulan Ramadan. Kita harus berkomitmen, kualitas ibadah kita di Ramadan tahun ini harus lebih baik dari tahun kemarin,” kata Hasib Arista di ruang kerjanya, Kamis (31/3/2022).

Ia juga mengimbau agar kualitas ibadah shalat ditingkatkan, perbanyak membaca al-Qur’an, meningkatkan sedekah, mengeluarkan zakat, memaksimalkan qiyamullail dan ibadah-ibadah lainnya.

“Tahun ini kita berharap tidak ada perbedaan dalam penetapan 1 Ramadan. Namun, jika terdapat perbedaan, saya harapkan kita umat Islam untuk saling menghormati dan menghargai perbedaan tersebut,” kata Hasib Arista.

Terkait dengan melandainya kasus COVID-19, Majelis Ulama Indonesia telah menghimbau kepada masyarakat muslim untuk kembali merapatkan saf dalam salat.

Menyikapi hal tersebut, Hasib Arista mengajak masyarakat untuk memakmurkan masjid dengan tetap menjaga kebersihan dan kesehatan.

“Mari kita memakmurkan masjid dengan selalu menjaga kebersihan dan tetap menjaga kesehatan diri dan jemaah. Sebaiknya tetap menggunakan masker selama berada di tempat yang ramai. Bila dalam kondisi tubuh kurang sehat, maka sebaiknya ibadah di rumah masing-masing,” ujarnya.

Terkait adanya keluasan dari pemerintah untuk melakukan mudik dengan syarat sudah harus lengkap vaksinasinya ditambah dengan vaksin booster, Hasib Arista mengatakan, Majelis Ulama Indonesia telah menerbitkan fatwa bahwa vaksinasi tidak membatalkan puasa.

“Jadi saya imbau masyarakat untuk bersama-sama menyukseskan program vaksinasi agar tercipta herd immunity,” pungkasnya.