Bisnis  

Rumah Kreatif Gemawira Titik Awal Kebangkitan Ekonomi Kalbar

Rumah Kreatif Gemawira Kalimantan Barat diresmikan Menparekraf Ri, Sandiaga Uno. SUARAKALBAR.CO.ID/IST

Pontianak (Suara Kalbar) – Ditandai dengan pemotongan tebu dan penandatanganan prasasti, Rumah Kreatif Gemawira Kalimantan Barat yang berlokasi di Gang Wisuda No.10 Jalan Parit Haji Husin II diresmikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno didampingi Gubernur Kalbar, Sutarmidji pada Rabu (9/3/2022).

“Rumah Kreatif tidak membebani anggaran negara sama sekali. Ini murni kreasi anak-anak bangsa dengan mendapat support (dukungan) dari Bank BNI, sungguh luar biasa. Menurut saya, ini akan menjadi pola kita dalam membangun, yaitu pola kebersamaan dengan tidak membebani anggaran pemerintah, tetapi menghadirkan suatu solusi,” ujar Sandiaga Uno.

Ia menjelaskan Rumah Pintar hadir berkat terobosan rekan-rekan Gemawira yang bekerja sama dengan stakeholder lainnya.

“Di setiap daerah, Gemawira mengembangkan UMKM dan usaha kreatif. Saya mengucapkan terima kasih untuk Gemawira dan Rumah Kreatif Gemawira Kalimantan Barat. Kita harus mengapresiasi ini. Saya berharap kehadiran Rumah Kreatif akan membangkitkan ekonomi daerah. Gemawira telah menyusun semua di tengah masa pandemi COVID-19. Jadi, pandemi tidak menyurutkan semangat mereka dengan dukungan dari semua pihak, baik pemprov, pemkot, dan pemkab. Tadi kita juga sudah melihat berbagai produk dari UMKM yang luar biasa. Alhamdulillah. Insya Allah, kita segera bisa bangkit dengan dukungan semua pihak,” harapnya.

Sebagai informasi, Gemawira merupakan organisasi socialpreneur yang independen dan bergerak di bidang kewirausahaan yang memberikan pelatihan, bimbingan dan pembinaan wirausaha kepada UMKM yang menjadi anggotanya.