Dikemas Mirip Pesta Anak-anak, Vaksinasi di Puskesmas Antibar Tuai Pujian

Lihat lah betapa gembiranya anak-anak usai mendapatkan vaksinasi di Puskesmas Antibar, Kecamatan Mempawah Timur. Mereka berfoto bersama Kepala Puskesmas Antibar, Rita Triana, Kasatlantas AKP Gatot Poerwarno, Camat R. Agus Isnanto dan Kapolsek Iptu Waryo, Sabtu (12/2/2022). SUARAKALBAR.CO.ID/Foto. Distra

Mempawah (Suara Kalbar) – Puskesmas Antibar, Kecamatan Mempawah Timur, yang menggelar Gebyar Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun, sukses menarik minat para orangtua untuk datang, Sabtu (12/2/2022) pagi hingga sore hari.

Meski sempat terkendala padamnya listrik—karena ada jadwal perbaikan jaringan dari PT PLN—vaksinasi tetap berlanjut dengan sistem entry manual.

Kepala Puskesmas Antibar, Rita Triana, beserta jajaran, rupanya tak tanggung-tanggung dalam melakukan persiapan.

Gebyar vaksinasi ini dikemas menarik, ceria dan semarak, sehingga justru mirip pesta anak-anak.

Tak heran, para orangtua, yang umumnya adalah kaum ibu, langsung ikut gembira begitu tiba di halaman Puskesmas Antibar.

“Bagus sekali, mirip pesta anak-anak pula pak! Anak saya yang tadinya takut, jadi senang dan betah di sini,” ujar Sukmawati, warga Desa Antibar, sambil menerima balon dan paket kue-kue yang diberikan Tim Nakes Puskesmas Antibar.

Ya, begitu mendaftarkan diri, para anak yang datang sama sekali tidak menunjukkan rasa takut. Suasana seru di sana membuat anak-anak larut dalam kegembiraan.

Malah, sambil menunggu antrian vaksinasi, mereka bisa leluasa bermain bersama di wahana permainan anak yang terletak di bagian kiri halaman Puskesmas.

Usai divaksinasi, para anak yang didampingi orangtua mendapatkan hadiah balon, kue-kue, susu kotak, hingga undian berhadiah mainan.

Mereka juga diajak untuk berfoto dengan bingkai “saya sudah divaksin” yang telah dipersiapkan tim nakes.

Kepala Puskesmas Antibar, Rita Triana, mengaku turut gembira melihat antusias orangtua dan anak untuk mengikuti gebyar vaksinasi ini.

“Kami memang berupaya mengemas kegiatan vaksinasi ini dengan ramah anak. Jadi kesan pertama yang timbul adalah, ini bukan kegiatan vaksinasi dan disuntik, tapi menjadi sarana bermain anak-anak,” ujarnya.

Dalam vaksinasi ini, Puskesmas Antibar menargetkan 300 anak yang bisa divaksinasi. Meski sempat terkendala padamnya aliran listrik hingga sore hari, ia yakin target tersebut dapat tercapai.

Ia juga mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak, termasuk dari Kapolsek Mempawah Timur, Iptu Waryo, dan jajaran, Camat Mempawah Timur, R. Agus Isnanto, serta Kasatlantas Polres Mempawah, AKP Gatot Poerwarno, beserta anggota.

“Dukungan luar biasa juga diberikan pihak sekolah, orangtua, serta para kepala desa sehingga Gebyar Vaksinasi Anak usia 6-11 tahun di Puskesmas Antibar berjalan sukses dan lancar,” tutupnya.

 

Apresiasi Polri dan Camat

Kasatlantas Polres Mempawah, AKP Gatot Poerwarno, turut merasa bangga bisa menjadi bagian kegiatan vaksinasi anak di Puskesmas Antibar.

“Kami berharap, Kepala Puskesmas Antibar, Ibu Rita Triana, beserta para tenaga kesehatan tetap semangat meski menghadapi kendala padamnya aliran listrik!” imbuhnya.

Gatot bahkan terjun langsung menghampiri anak-anak yang menunggu antrian vaksinasi untuk memberikan motivasi.

Ia didampingi Kapolsek Iptu Waryo kerap berkeliling untuk menyapa orangtua dan anak yang tengah menunggu antrian vaksinasi.

Hal senada juga diungkapkan Camat Mempawah Timur, R. Agus Isnanto.

Ia mengucapkan terima kasih atas inovasi Kepala Puskesmas Antibar, beserta jajaran tim nakes, yang telah bekerja keras mempersiapkan kegiatan vaksinasi yang ramah anak.

“Saya berharap ini dapat dijadikan contoh bahwa kemasan kegiatan yang unik dan menarik, dapat menarik minat siapa saja dalam mengikuti vaksinasi. Sekali lagi, saya salut dengan Puskesmas Antibar,” tutupnya.

Exit mobile version