SUARAKALBAR.CO.ID
Beranda News Aset Bank Kalbar Meningkat 25,3 Persen Sepanjang 2021

Aset Bank Kalbar Meningkat 25,3 Persen Sepanjang 2021

Dirut Bank Kalbar Rokidi didampingi Direksi Bank Kalbar saat Konperensi Pers. SUARAKALBAR.CO.ID/Istimewa

Pontianak (Suara Kalbar) – Bank Kalbar berhasil menorehkan kinerja positif setelah perlambatan ekonomi selama pandemi Covid-19.

Terlihat dari kinerja Bank Kalbar sampai dengan akhir tahun 2021 (Unaudited), aset Bank pada tahun 2021 menjadi Rp 23,3 triliun meningkat cukup besar sebesar 25,3 persen dari tahun 2020 Rp. 18,6 triliun, terdapat kenaikan sebesar Rp. 4,7 triliun.

Sedangkan untuk Dana Pihak Ketiga (DPK) mencapai Rp 18,6 triliun meningkat 28,6
persen dari tahun 2020 Rp. 14,5 triliun, adanya peningkatan sebesar 4,1 Triliun.
Bank Kalbar berhasil menyalurkan kredit sebesar Rp 13,3 triliun, tumbuh 5,0 persen
dibandingkan tahun sebelumnya, Sedangkan laba bersih Bank Kalbar capai Rp 413
miliar.

Pencapaian beberapa rasio keuangan Bank Kalbar juga baik. Tingkat kecukupan modal
atau CAR pada tahun 2021 mencapai 26,2 persen, Sedangkan BOPO Bank Kalbar
sebesar 69,1 persen.

Manajemen Bank Kalbar juga mampu menjaga tingkat Net interest margin (NIM) pada
kisaran di angka 6,9 persen dan rasio LDR 71,3 persen.  Tingkat ROA dan ROE Bank Kalbar masing-masing ROA sebesar 2,6 persen sedangkan ROE-nya 14 persen.
Sedangkan Untuk Non Performing Loan (NPL) masih terjaga di bawah 2 persen, sampai
dengan 31 Desember 2021 NPL diangka 1,9 persen.

Direktur Utama Bank Kalbar Rokidi, S.E., M.M. bersyukur atas pencapaian kinerja
sampai dengan Desember 2021 yang diraih tersebut ditengah masih adanya pandemi
Covid-19.

Ia juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah
mendukung Bank Kalbar dalam meraih pencapaian tersebut. Terutama kepada
nasabah yang telah mempercayakan dananya serta telah memanfaatkan produkproduk
Bank Kalbar.
“Alhamdulillah, saya ucapkan puji syukur Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, pada
tahun lalu kami bisa meraih pencapaian kinerja yang positif. Ini menggambarkan
kondisi keuangan Bank Kalbar sangat-sangat luar biasa. Melalui raihan pencapaian
kinerja ini kami mengapresiasi dukungan penuh dari stakeholder, shareholders,
terutama Gubernur Kalbar selaku pemilik saham pengendali, bupati/walikota
sekalbar, selain itu mitra-mitra kerja yakni DPRD kabupaten kota Se Provinsi Kalbar
dan masyarakat Kalbar yang selalu mendukung dan memberikan kepercayaannya
kepada Bank Kalbar selama ini,” ujarnya.

Untuk Jaringan dan layanan Kantor Bank Kalbar sampai akhir desember 2021 536
jaringan dan layanan Kantor terdiri dari 1 Kantor Pusat, 1 Unit Usaha Syariah Bank
Umum, 23 Kantor Cabang, 66 Kantor Cabang Pembantu, 60 KCP Kas, 14 KCP Keliling,
24 KCP Payment, 2 Kantor Kas Syariah, 1 Kas Keliling Syariah, 65 Layanan Syariah, 3
Cash Deposit Machine (CDM), 258 Automatic Teller Machine (ATM), 18 Cash Reyccling
Machine (CRM). Sedangkan jumlah karyawan Bank Kalbar sampai akhir Desember
2021 sebanyak 1.738 orang,

Untuk menggenjot pertumbuhan bisnis, Bank Kalbar juga terus melakukan inovasi
menerapkan layanan berbasis teknologi atau Digital Banking. Saat ini, Bank Kalbar
telah bergabung dalam program Gerbang Pembayaran Nasional (GPN), sehingga kartu
ATM Bank Kalbar sudah dapat digunakan di mesin-mesin EDC dan ATM/CDM/CRM
baik di Indonesia maupun di Negara Tetangga/Malaysia.

“Kami juga memiliki layanan virtual account syariah . Ini diimplementasikan untuk
pembayaran ke lembaga-lembaga pendidikan yang akan bekerja sama dengan Unit
Usaha Syariah Bank Kalbar,” ujarnya.

Berbagai fitur pembayaran juga dapat dilakukan melalui Mobile Banking Bank Kalbar antara lain untuk Pembayaran Pajak Kendaraan, Pajak Bumi dan Bangunan, Pajak Bea Perolehan atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) dan 9 jenis Penerimaan Pajak Daerah, Pembayaran Tagihan Listrik, PDAM dan pembayaran lainnya.

Join channel telegram websitekami.com agar tidak ketinggalan berita loker terbaru lainnya

Join now
Komentar
Bagikan:

Iklan