Sambas  

Ketua DPRD Harap MAN IC Sambas Mampu Hadapi Tantangan

Ketua DPRD Kabupaten Sambas H Abu Bakar saat menghadiri peresmian penggunaan gedung baru Asrama Putra dan Putri MAN IC Sambas oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Wilayah Provinsi Kalimantan Barat Syahrul Hadi, Selasa (14/11/2021). Dok.foto.Humas DPRD Sambas/ Zulfian

Sambas (Suara Kalbar)- Ketua DPRD Kabupaten Sambas, H Abu Bakar mengharapkan Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Sambas menjawab tantangan yang dihadapi daerah.

Hal ini disampaikannya saat menghadiri peresmian Penggunaan Gedung Baru Asrama Putra dan Putri MAN IC Sambas oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Wilayah Provinsi Kalimantan Barat, Syahrul Hadi dan disaksikan Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Sunaryo, Bupati Sambas 2001-2011 Burhanudin A Rasyid, Bupati Sambas 2011-2016 Juliarti Djuhardi Alwi , Selasa (14/12/2021).

“Kabupaten Sambas sebagai garda terdepan wilayah perbatasan negara, menurut Ketua DPRD, memiliki banyak potensi strategis dan ancaman tersendiri yang perlu menjadi perhatian bersama,” ujar H Abu Bakar.

Abu Bakar mengaku bersyukur atas keberadaan MAN IC di Sambas.“Kita sebagai masyarakat Kabupaten Sambas, patut bersyukur dengan pendirian MAN IC di Sambas. Tidak semua Kabupaten Kota memiliki MAN IC, kita patut berbangga, di Kabupaten Sambas, Pemerintah memberikan perhatian dengan dibangunnya MAN IC Sambas,” katanya.

Dia menegaskan, kehadiran MAN IC bagian dari upaya-upaya tokoh masyarakat Kabupaten Sambas menghadirkan pembangunan SDM Kabupaten Sambas berkualitas dan terunggul.

Disebutkan legislator Fraksi Gerindra DPRD Kabupaten Sambas ini, jerih payah kepemimpinan Bupati Sambas mulai dari Burhanuddin A Rasyid hingga dilanjutkan saat ini, sudah menampakkan hasil yang manis.

“Laporan dari Kepala MAN IC Sambas, Sekolah ini menjadi 40 besar terbaik dari Ribuan Madrasah se Indonesia, sebuah kebanggaan tentunya bagi kita, masyarakat Kabupaten Sambas. Prestasi demi prestasi yang diraih, menjadikan MAN IC sambas turut diperhitungkan. Ini harus menjadi jendela bagi kita semua menjawab tantangan yang kita miliki sebagai daerah perbatasan,” jelasnya.

Abu Bakar mencontohkan, SDM Kabupaten Sambas masih terkendala dengan pentingnya komunikasi.
Dengan hadirnya MAN IC Sambas, sekolah unggulan lainnya hingga perguruan tinggi, harus mendukung program pemerintah dan pemerintah daerah dalam pemerataan kualitas SDM Unggul di Kabupaten Sambas.

“Kita contoh negara tetangga kita, untuk percakapan dalam bahasa asing, mereka saat ini lebih mumpuni dibanding masyarakat kita, bahkan bahasa asing bagi mereka bagian dari komunikasi sehari-hari mereka,” jelasnya.

Ia mengatakan tentunya kondisi seperti ini, bisa kita jadikan pembelajaran penting, bagaimana kita kedepannya, benar-benar menjadi garda terdepan, beranda negara yang mampu bersaing dengan negara luar.

“Keberadaan MAN IC, harus turut menjawab tantangan global, membangun SDM berkualitas dengan akhlak yang mulia,” tegas Ketua DPRD.

Penulis: Humas DPRD Sambas / ZulfianEditor: Suhendra