Sambas  

Salurkan Listrik Ramah Lingkungan, PT SEC Produksi Sendiri Lewat Limbah Sawit

PT SEC salah satu perusahaan dengan mengembangkan limbah sawit melalui PLTBG di Kabupaten Sambas. SUARAKALBAR.CO.ID/Pri

Sambas (Suara Kalbar) – Berada di Desa Sabung Kecamatan Subah Kabupaten Sambas. PLTBG (Pembangkit Listrik Tenaga Biogas) tidak saja digunakan untuk kepentingan pribadi sendiri tetapi juga membantu PLN dalam menyalurkan aliran listrik mereka sehingga dapat digunakan oleh masyarakat luas.

Senior Mill Manager Biogas Plant  PT SEC, Sudirman mengatakan, sejak 2021 pihaknya dapat menjual sekitar 500-100 KwH ke Perusahaan Listrik Negara yang kemudian didistribusikan ke masyarakat di kawasan sekitar PT SEC.

“Untuk PTBG kami mulai di 2018 dan menjual listrik ke PLN kami mulai di Maret 2021. Kami produksi sendiri dari limbah yang dihasilkan dari sawit dan menghasilkan biogas yang diolah menghasilkan energy terbarukan,” ungkapnya.

Pemanfaatan limbah sawit ini, dijelaskan kembali oleh Sudirman bahwa menjadi komitmen perusahaan dalam mendukung upaya pemerintah dalam memanfaatkan energy baru dan terbarukan sekaligus mengurangi kerusakan lingkungan akibat limbah yang tidak dimanfaatkan.

“Menghasilkan energy listrik terbarukan ini menjadi komitmen kami sehingga menjadi energy ramah lingkungan yang bermanfaat tidak hanya bagi karyawan kami tetapi juga untuk banyak pihak,” urainya.

Ditambahkannya penerapan Bio Gas yang dilakukan PT SEC ini dapat menurunkan emisi gas rumah kaca secara signifikan yang dijual ke PLN dengan capaian 500 hingga 100 KwH.

“Hasil yang kami dapatkan yaitu dengan 45 Ton perjam menghasilkan bio gas yang dapat digunakan untuk penerangan,” pungkasnya.