Seleb  

Rony Dozer Meninggal, Dokter Ingatkan Hubungan Kolesterol dengan Diabetes

Jenazah Rony Dozer(Foto:Suara.com)

Suara Kalbar – Sebelum meninggal dunia, artis Rony DOzer diketahui memiliki riwayat keluhan kolesterol dan diabetes. Apakah kedua penyakit ini berhubungan?

Menurut dokter Spesialis Penyakit Dalam sekaligus Pakar Diabetes, dr. Martha Rosana, resistensi insulin yang dialami seseorang tidak hanya menyebabkan diabetes, tapi juga kolesterol tinggi.

“Akhirnya dari resistensi insulin itu macem-macem akibatnya, bisa bikin DM (diabetes melitus), bisa bikin kolesterol naik, bisa bikin hipertensi darah tinggi, itu satu kesatuan,” ujar dr. Martha dalam acara diskusi #Hands4Diabetes2021, Jumat (12/11/2021).

Insulin adalah zat didalam tubuh yang dibutuhkan untuk memecah gula darah menjadi energi. Tapi ketika fungsi insulin mengalami gangguan, maka tidak bisa lagi bekerja memecah gula, membuatnya menumpuk dalam darah.Dalam pengendalian diabetes dan kolesterol, mencegah resistensi insulin adalah faktor penting,” imbuh dr. Martha.Karena dampak resistensi insulin yang sangat luas dan mengganggu sistem metabolik tubuh, penting bagi pasien diabetes untuk mengetahui kondisi penyakit lainnya di dalam tubuh, seperti kolesterol.

“Jadi semua pasien diabetes itu kalau bisa, status kolesterolnya ketahui. Jika tinggi melebihi target harus mendapatkan pengobatan, hingga mencapai turun mencapai target,” pungkas dr. Martha.

 

 

 

 

Penulis: Suara.comEditor: Enisa