Banjir Belum Surut, Gubernur Kalbar Tinjau Langsung Situasi di Kabupaten Sintang

Gubernur Kalbar Sutarmidji mengunjungi Kabupaten Sintang dalam rangka meninjau langsung bencana banjir yang terjadi lebih dari sepekan di Kabupaten Sintang tersebut, Selasa (2/11/2021).

Sintang (Suara Kalbar)- Gubernur Kalimantan Barat, H Sutarmidji mengunjungi Kabupaten Sintang dalam rangka meninjau langsung bencana banjir yang terjadi lebih dari sepekan di Kabupaten Sintang tersebut, Selasa (2/11/2021).

Banjir yang sebelumnya bertahan selama satu pekan lebih ini sempat berangsur surut, namun kembali naik lebih tinggi beberapa hari ini.

Danramil 1205-07/Sintang, Lettu Inf P. Raja gukguk yang turut mendampingi Gubernur Kalbar tersebut mengatakan bahwa pihaknya masih bersiaga sampai dengan hari ini, dan tetap berkoordinasi kepada Kecamatan dan Instansi lainya dalam penanganan bencana banjir di Kabupaten Sintang.

“Sesuai arahan satuan atas melalui Komandan Kodim Sintang, kami masih terus menerapkan siaga, khususnya dalam penanganan banjir ini. Kita juga tetap berkoordinasi kepada pihak dan Instansi yang terkait dengan penangan banjir di Kabupaten Sintang, seperti kepada Camat Sintang, Ibu Siti Musrikah, kita juga sampaikan bahwa kami bersiaga, apa-apa yang perlu dikoordinasikan segera, kami siap membantu,” katanya.

Plh. Bupati Sintang Yosefha Hasnah yang turut mendampingi mengatakan banjir hari ini sangat besar.
“Terjadi hujan pada hari minggu di hulu sehingga air semakin naik, dan penurunan air di wilayah Kecamatan Serawai sehingga terjadi luapan di wilayah Kecamatan Sintang. Dari 14 Kecamatan di Kabupaten Sintang 12 Kecamatan diantaranya terdampak banjir dengan jumlah 21.804 KK,” ujarnya.

Ia mengatakan sejak 27 Oktober 2021, telah dibuka dapur umum yang berada di Dinas Sosial, Kabupaten Sintang, Kodim 1205/Sintang, juga Masjid Abu Bakar Sintang, dan data pengungsi sebanyak 8 jiwa di Dinas Sosial, serta 40 jiwa di pengungsian Masjid Abu Bakar Sintang.

Ia mengungkapkan rata-rata untuk warga yang mengungsi, banyak yang menumpang di rumah keluarga yang berada didataran tinggi.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Kalbar yang telah membantu kami, yang mana sebelumnya sudah datang sebanyak 15 ton beras pada minggu lalu, dan hari ini kembali sebanyak 85 ton beras, semoga ini dapat membantu warga masyarakat terdampak banjir di Kabupaten Sintang,” katanya.

Sementara itu, Gubernur Kalbar H Sutarmidji usai melakukan peninjauan dalam arahannya mengatakan, agar masyarakat yang terdampak banjir tidak kesulitan untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah, dengan demikian, bantuan yang sudah ada untuk segera disalurkan kepada masyarakat yang terdampak.

“Kita tekankan kepada Pemda Kabupaten Sintang untuk segera memperluas posko dan dapur umum yang berada disetiap titik banjir, agar penanganan dapat maksimal. Pihak Provinsi akan segera menambahkan bantuan beras sebanyak 85 ton kepada Kabupaten Sintang, apabila masih kekurangan untuk sesegera mungkin koordinasi kan,” kata Gubernur Kalbar.

Ia mengatakan sinergikan semua pihak, BPBD Kabupaten dan Provinsi koordinasikan untuk penanganan banjir ini, Pemda juga segera koordinasikan kepada TNI dan Polri untuk dapatnya memperjelas data warga terdampak banjir agar memudahkan dalam penyaluran bantuan.