Bisnis  

4 Fakta Unik Tom Yam, Makanan Khas dari Negeri Gajah Putih

Jakarta (Suara Kalbar)Negara Asia memang mempunyai daya tarik tersendiri yang memikat banyak orang, mulai dari musik, film, dan yang tak kalah penting adalah kulinernya. Tak jarang pula berbagai restoran yang menyajikan makanan khas Asia sangat mendunia. Misalnya saja di Indonesia, selain Chinese & Korean Food, makanan khas Thailand pun telah memikat hati masyarakat. Karakteristik cita rasa dan bumbu masakan Negara Indonesia dan Thailand yang mirip kian mendorong popularitas kuliner Thailand di dalam negeri.

Salah satu menu favorit dari Thailand yang digemari orang Indonesia adalah tom yam, sup dengan cita rasa asam yang disajikan saat masih panas serta diperkaya berbagai isi yang menarik, seperti udang, ikan, ayam dan sayur-sayuran. Sebutan tom yam berasal dari bahasa Thailand di mana ‘tom’ berarti dihasilkan dari proses merebus dan ‘yam’ yang merujuk pada sesuatu yang dicampur. Walau banyak orang yang familiar dengan tom yam, tahukah kamu masih banyak fakta menarik di balik makanan khas Thailand ini? Simak rangkuman menariknya berikut ini:

Salah satu comfort food di berbagai negara Asia Tenggara

Dalam semangkuk tom yam, terdapat lebih dari 5 rempah aromatik, seperti jahe, kemangi, serai, lengkuas, dan daun mint, yang mudah ditemukan di berbagai negara Asia Tenggara. Berkat ketersediaan rempah yang terjangkau, tom yam menjadi salah satu comfort food yang digemari oleh mayoritas masyarakat Asia Tenggara. Tidak hanya terkenal di Indonesia, tom yam juga menjadi idola di Kamboja, Brunei, Singapura sampai Malaysia. Berkat penggunaan rempah yang melimpah, kita bisa menikmati empat rasa utama mulai dari manis, asin, asam, dan pahit secara sekaligus. Sungguh menarik bukan?

Selain rasanya yang enak, tom yam juga makanan yang sehat

Di masa pandemi ini, makanan sehat merupakan salah satu daftar prioritas demi menjaga kesehatan tubuh. Tom yam dapat menjadi pilihan tepat sebagai salah satu makanan sehat lho! Manfaat ini berasal dari bumbu dan rempah yang terkandung di dalam tom yam, misalnya serai yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Lalu, bawang putih juga menghasilkan antibakteri yang bagus untuk memelihara sistem pencernaan tubuh. Dengan begitu, daya tahan tubuh pun ikut meningkat. Namun, perlu diingat penting untuk memilih restoran yang menggunakan bahan-bahan berkualitas agar manfaatnya maksimal, seperti Thai Street yang menyajikan beragam menu tom yam khas Thailand.

Cocok disantap saat sejuk

Sesuai dengan namanya, tom yam disajikan saat panas sehingga cocok disantap saat sejuk. Rasa asam dan pedas yang terkandung di dalamnya semakin menggoyang lidah para penikmatnya. Selain itu, rasa asam dan pedas yang disantap saat panas tentu dapat menghangatkan tubuh. Oleh karena itu, banyak orang yang mencari makanan kuah seperti tom yam untuk dikonsumsi saat sedang merasa tidak enak badan.

Beda nama, beda karakteristik

Tahukah kamu, tom yam memiliki nama yang berbeda-beda dengan karakteristik unik yang menggambarkan isi tom yam tersebut. Misalnya tom yam yang hanya berisi ayam disebut dengan Tom Yam Kai, tom yam yang memiliki isian udang dikenal dengan Tom Yang Goong, dan tom yam dengan isian ikan yang dikenal dengan nama Tom Yam Pla. Yang paling spesial yaitu Tom Yam Talay atau juga disebut Tom Yam Po Taek, berisikan berbagai macam makanan laut, antara lain ikan cumi, udang, rumput laut, dan sebagainya. Jika ingin mencicipi ragam pilihan tom yam otentik di Indonesia, Thai Street bisa menjadi pilihan. Thai Street merupakan restoran khas Thailand yang menyediakan aneka menu Thai otentik, termasuk menu yang dilokalisasi, seperti Short Rib “Iga” Beef Tom Yum.

Stanley Ramon Marcellius, CEO KOBA GROUP mengungkapkan “Thai Street berupaya menyajikan sajian tom yam dan beragam makanan lain dengan rasa se-otentik mungkin namun sesuai dengan lidah masyarakat Indonesia. Selain cita rasa makanan, kami ingin memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan, termasuk kemudahan bertransaksi dengan metode pembayaran cashless seperti ShopeePay untuk menikmati transaksi yang mudah dan promo-promo yang menarik. Saat ini, Thai Street sedang mengikuti kampanye ShopeePay 11.11 Big Deals hingga 12 November 2021 yang menawarkan Cashback 100% dan masih banyak lagi. Kami harap, upaya yang Thai Street lakukan dapat memanjakan lidah dan hati masyarakat Indonesia.”

Tertarik untuk menikmati sensasi asam, pedas, dan hangat tom yam ala Thai Street? Kunjungi restoran Thai Street terdekat dan manfaatkan promo ShopeePay 11.11 Big Deals. Pelanggan yang ingin mencoba tom yam otentik dari rumah juga bisa memesan melalui layanan pesan antar makanan ShopeeFood dan memanfaatkan promo hingga 60%.

 

Penulis: NisaEditor: Redaksi