Dihadiri Danrem, DPD PFKPM Mempawah Gelar Haul ke-258 Opu Daeng Menambon

ROBO’-ROBO’. Haul ke-258 Opu Daeng Menambon yang digelar DPD PFKPM Kabupaten Mempawah, Senin (5/10/2021) malam. Turut hadir, Danrem 121/ABW, Brigjen TNI Dr. Ronny. SUARAKALBAR.CO.ID/Foto. Istimewa

Mempawah (Suara Kalbar) – Dewan Pengurus Daerah (DPD) Persatuan Forum Komunikasi Pemuda Melayu (PFKPM) Kabupaten Mempawah menggelar Haul ke-258 Opu Daeng Menambon, Senin (4/10/2021) malam.

Haul ini merupakan salah satu wujud napak tilas kedatangan sang raja, Opu Daeng Menambon, untuk memimpin Kerajaan Mempawah tempo dulu.

Nah, kedatangan Opu Daeng Menambon ini lah yang sekarang tiap tahun diperingati sebagai Wisata Budaya Tak Benda Indonesia – Tradisi Robo’-Robo’.

Kegiatan berlangsung di kediaman Ketua DPD PFKPM Kabupaten Mempawah, M. Husni Thamrien, Jalan Daeng Menambon, Kelurahan Tengah, Kecamatan Mempawah Hilir.

Turut hadir, Danrem 121/ABW, Brigjen TNI Dr. Ronny, Wabup Mempawah, Muhammad Pagi, jajaran Forkopimda, para tokoh dan Laskar Opu Daeng Menambon DPD PFKPM Kabupaten Mempawah.

Kepada SUARAKALBAR.CO.ID, M. Husni Thamrien, mengatakan, Haul ini merupakan acara puncak dari ritual Robo’-Robo’ yang rutin digelar tiap tahun oleh DPD PFKPM Kabupaten Mempawah.

Sebelumnya, dirinya dan jajaran DPD PFKPM telah melaksanakan napak tilas, yakni ziarah ke makam Panembahan Adijaya Kusuma Jaya di Karangan, Kabupaten Landak.

Selanjutnya, ke Makam Panembahan Senggaok. Lalu ke Makam Opu Daeng Menambon di Sebukit dan berakhir ke Makam Daeng Fatimah Daeng Takontu di Pulau Temajo.

“Rangkaian kegiatan ini bentuk edukasi kepada generasi muda agar mengetahui dan memahami tentang situs maupun cagar budaya di Kabupaten Mempawah,” ujarnya.

Kegiatan Haul ke-258 Opu Daeng Menambon juga merupakan manifestasi sikap santun terhadap leluhur.

“Karena itu, mari kita berdoa kepada Allah SWT, semoga kegiatan ini akan memberikan berkah untuk daerah, Mempawah bebas dari pandemi, serta Mempawah selalu aman, damai dan tenteram,” katanya.

Husni Thamrien turut mengapresiasi kehadiran Danrem 121/ABW, Brigjen TNI Dr. Ronny, pada acara Haul ke-258 Opu Daeng Menambon ini.

“Kehadiran Pak Danrem yang adalah asli orang Ketapang, menjadi momentum silaturahmi dan kedekatan Kabupaten Mempawah dengan Ketapang yang akan terus kita pupuk,” katanya.

Atas nama DPD PFKPM Kabupaten Mempawah, M. Husni Thamrien selanjutnya mengucapkan terima kasih atas kehadiran Wabup Muhammad Pagi, jajaran Forkopimda, para tokoh dan seluruh undangan.