Dunia  

Bill Clinton Diperbolehkan Pulang dari RS California Selatan

Mantan presiden AS Bill Clinton (kedua dari kiri) ditemani oleh sang istri Hillary Clinton (kedua dari kanan) meninggalkan Rumah Sakit Irvine Universitas California pada 17 Oktober 2021 setelah menjalani perawatan selama beberapa hari.(Foto:VOA)

Suara Kalbar – Bill Clinton pada Minggu (17/10) diperbolehkan pulang dari rumah sakit di California Selatan di mana ia dirawat karena menderita infeksi saluran kemih.

Mantan presiden Amerika Serikat itu keluar dari Rumah Sakit Irvine Universitas California sekitar pukul 08.00 pagi waktu setempat.

Para pejabat mengatakan, Clinton, yang berusia 75, masuk ke rumah sakit di sekitar Los Angeles itu pada Selasa (12/10) karena infeksi yang tidak ada kaitannya dengan COVID-19.Juru bicara Clinton Angel Ureña pada Sabtu (16/10) mengatakan bahwa Clinton akan dirawat di rumah sakit itu satu malam lagi untuk menerima infus antibiotik.

Namun, semua indikator kesehatan “menunjukkan ke arah yang baik,” kata Ureña.

“Presiden Clinton terus mengalami kemajuan yang sangat baik dalam 24 jam belakangan,” kata Ureña.

Hillary Clinton menemani suaminya di rumah sakit dan mendampinginya pulang pada Minggu (17/10).

Presiden Joe Biden pada Jumat (15/10) malam mengatakan ia telah berbicara dengan Clinton, dan mantan presiden itu “mengirimkan salam terbaik.”Dia dalam keadaan baik,” kata Biden saat berpidato di Universitas Connecticut.

Ureña mengatakan dalam pernyataan, Sabtu (16/10), “Ia memiliki semangat yang luar biasa, dan menghabiskan waktu dengan keluarga, teman, dan menonton pertandingan football kampus.”

Seorang ajudannya mengatakan Clinton mengidap infeksi saluran kemih yang menyebar ke dalam aliran darahnya, namun dia berada dalam kondisi yang baik dan tidak pernah mengalami syok septik, kondisi yang berpotensi mengancam jiwa.

Ajudan itu, yang berbicara kepada wartawan di RS dengan syarat namanya tak diungkap, mengatakan Clinton berada di bagian perawatan intensif rumah sakit, meskipun seharusnya tidak memerlukan perawatan ICU.Pada tahun-tahun sejak Clinton meninggalkan Gedung Putih pada 2001, mantan presiden itu menghadapi masalah kesehatan. Ia menjalani operasi bypass empat kali lipat pada 2004 setelah mengalami nyeri dada yang berkepanjangan dan sesak napas. Dia kembali ke rumah sakit untuk operasi paru-paru yang kolaps sebagian pada 2005, dan pada 2010 dia memasang sepasang stent di arteri koroner.

Sejak itu ia menjalani diet vegetarian yang menyebabkan berat badannya menurun dan kesehatannya membaik.

 

 

 

 

 

 

 

 

Penulis: Suara.comEditor: Enisa