Top! Tak Kenal Libur, Vaksinasi di Jongkat Sukses Memikat Warga

TAK KENAL LIBUR. Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Gerai Presisi Polsek Siantan, Polres Mempawah, Minggu (5/9/2021) pagi. Vaksinasi di hari libur menjadi solusi untuk meningkatkan partisipasi warga dalam mendapatkan kekebalan komunal. SUARAKALBAR.CO.ID/IST

Mempawah (Suara Kalbar) – Gerai Presisi Polsek Siantan, Polres Mempawah, kembali melaksanakan vaksinasi COVID-19, meski di hari libur, Minggu (5/9/2021) pagi.

Sasarannya adalah, tentu masyarakat Jongkat yang masih tak sempat datang karena bekerja di luar kota, atau kesibukan lain di hari-hari kerja.

“Pada kegiatan di hari libur ini, sebanyak 46 warga yang menjalani vaksinasi di Gerai Presisi Polsek Siantan,” ungkap Kapolres Mempawah, AKBP Fauzan Sukmawansyah, melalui Kapolsek Siantan, Iptu Rahmad Kartono.

Dengan rincian, 39 orang vaksinasi dosis pertama dan tujuh orang dosis kedua. Kegiatan berlangsung di Mapolsek Siantan.

Bertindak sebagai tim vaksinator adalah lima tenaga kesehatan Puskesmas Rawat Inap Jungkat yang dipimpin dr. Darwati.

“Dengan demikian, hingga hari ini, sebanyak 5.675 warga Jongkat telah divaksinasi dosis pertama dan 2.791 orang mendapatkan dosis kedua, sementara booster tenaga kesehatan 41 orang,” jelas Rahmad Kartono lagi.

Pelaksanaan di hari libur, tambah Kapolsek, adalah bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang ingin mendapatkan vaksinasi, namun terkendala dengan sejumlah alasan.

“Jadi kegiatan di hari Minggu menjadi solusi warga yang tidak bisa divaksinasi pada hari-hari kerja,” imbuh Iptu Rahmad Kartono.

Sementara itu, Tim Medis Puskesmas Rawat Inap Jungkat, dr. Darwati, mengaku siap bertugas kapan saja demi menyukseskan percepatan vaksinasi masyarakat, khususnya di Kecamatan Jongkat.

Ia mengatakan, vaksinasi digelar pemerintah untuk menekan laju penyebaran COVID-19 dan meningkatkan herd immunity (kekebalan kelompok).

“Jadi dari sisi medis, pemberian vaksinasi dinilai sebagai salah satu cara yang dinilai efektif untuk mengatasi pandemi COVID-19 yang masih berlangsung  saat ini,” ujarnya.

Namun ia mengingatkan, masyarakat yang sudah mendapatkan vaksinasi dosis pertama, hendaknya segera melanjutkan ke dosis kedua sesuai jadwal yang ditentukan.

“Jika hanya vaksinasi satu kali, maka itu tidak efektif untuk membentuk imunitas tubuh dari bahaya COVID-19,” jelas Darwati lagi.

Dan terakhir, ia minta agar masyarakat tetap menjaga protokol kesehatan dalam aktivitas sehari-hari demi keselamatan bersama dari bahaya virus Corona.

Exit mobile version