Melawi  

Peduli Warga Korban Banjir, PMI Melawi Salurkan Bantuan

etua PMI Cabang Kabupaten Melawi, Hj Nurbetty Eka Mulyastri turun langsung dalam penyaluran bantuan bagi warga terdampak banjir, Rabu (8/9/2021). SUARAKALBAR.CO.ID/ Dea Kusumah Wardhana

Melawi (Suara Kalbar)- Banjir yang merendam ratusan rumah warga di kabupaten Melawi mendapat perhatian banyak pihak. Diantaranya dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Melawi.

Ratusan paket berupa sembako dan perlengkapan kebersihan diberikan oleh PMI untuk membantu meringankan beban para korban banjir.

“Kemarin kami bersama Rumah Zakat, telah menyalurkan sebanyak 100 paket bantuan kepada warga yang terkena banjir di daerah Nyatang dan kayu ara,” ujar Ketua PMI Kabupaten Melawi, Nurbetty Eka Mulyastri Panji kepada Suara Kalbar.co.id, Rabu (8/9/2021).

Dikatakannya, intensitas curah hujan yang tinggi di Kabupaten Melawi menyebabkan naikkan luapan sungai Melawi dan sungai Pinoh. Pihaknya pun mengaku telah menyiagakan personil PMI dan melakukan monitoring di sejumlah lokasi banjir.

“Hampir empat hari sejumlah daerah di Melawi terendam banjir. Khususnya daerah daerah yang berada dekat pinggiran aliran sungai,” katanya.

Meski bantuan yang diberikan tidaklah seberapa, lanjut Wanita yang akrap disapa Astrid ini, PMI tetap berupaya memberikan pelayanan dalam situasi apapun dengan segala sumber daya yang dimiliki. Baik itu dalam situasi pandemi maupun bencana alam.

Sesuai dengan misi PMI yakni menjadi organisasi kemanusiaan terdepan yang memberikan layanan berkualitas melalui kerja sama dengan masyarakat dan mitra sosial dengan prinsil prinsip dasar gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah. “Inilah komitmen kuat PMI, untuk mendharma baktikan bagi negeri dalam misi kemanusian,”pungkasnya.

Hasil pantauan Suara kalbar.co.id, saat ini kondisi banjir di Kabupaten melawi mulai surut. Bantuan berupa air bersih dan obat obatan sangat diharapkan masyarakat.