Ngopi Bareng Berlangsung Haru, Iptu Rahmad Kartono Pamit pada Masyarakat Jongkat

  • Bagikan
Kapolsek Siantan, Iptu Rahmad Kartono, saat berpamitan dengan Forkopimcam, Kepala Puskesmas dan tenaga kesehatan, pemerintah desa, serta berbagai elemen masyarakat Jongkat di Jungkat Beach, Jumat (17/9/2021). Kegiatan dirangkai penyerahan tali asih kepada penyandang disabilitas dan penyerahan penghargaan. SUARAKALBAR.CO.ID/Distra

Mempawah (Suara Kalbar) – Satu tahun dua bulan melaksanakan tugas sebagai Kapolsek Siantan, Polres Mempawah, Iptu Rahmad Kartono, ‘berpamitan” pada masyarakat Kecamatan Jongkat, Jumat (17/9/2021).

Kata “berpamitan” itu disampaikan Iptu Rahmad Kartono dalam sesi Ngopi Bareng dan Ramah Tamah bersama jajaran Forkopimcam, kepala puskesmas, manajemen perusahaan, aparatur pemerintah desa dan sejumlah elemen masyarakat.

Turut hadir, Kepala Dinas Kesehatan dan PPKB Kabupaten Mempawah, Jamiril, serta tokoh masyarakat yang juga mantan Anggota DPRD Mempawah, Rusli Abdullah.

Nah, begitu kata perpisahan terungkap, suasana Ngopi Bareng di lokasi wisata Jungkat Beach yang awalnya ceria, seketika berubah haru.

Ia mengatakan, dalam waktu dekat, dirinya akan melaksanakan serah terima jabatan untuk menempati tugas baru di Polda Kalimantan Barat.

Sebagai penggantinya, Rahmad Kartono lantas memperkenalkan seorang perwira Polri yang nantinya akan mengemban amanah sebagai Kapolsek Siantan, yakni Iptu Sihar Binardi Siagian.

“Insya Allah, dalam waktu dekat sertijab atau serah terima jabatan akan dilaksanakan. Untuk itu, saya mohon maaf jika dalam pelaksanaan tugas selama ini, saya ada melakukan kekhilafan,” ungkapnya.

Menurutnya, kata berpamitan ini bukan lah akhir dari silaturahmi dirinya dengan seluruh masyarakat Kecamatan Jongkat.

“Silaturahmi yang telah kita rajut dan kita bina, hendaknya tidak terputus meski saya telah bertugas di Polda Kalbar,” ujarnya.

Dan sebelum melaksanakan sertijab, dirinya masih akan tetap berupaya mendorong masyarakat agar mendukung program pemerintah dalam percepatan vaksinasi.

Dalam kesempatan itu pula, Rahmad Kartono mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, baik jajaran Forkorpimcam, jajaran Puskesmas dan tenaga kesehatan, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda, beserta seluruh lapisan masyarakat yang telah memberikan dukungan selama dirinya menjabat sebagai Kapolsek Siantan.

Ia lantas mengajak seluruh elemen masyarakat dapat memberikan dukungan serupa kepada Kapolsek Siantan yang baru.

Sementara itu, calon Kapolsek Siantan, Iptu Sihar Binardi Siagian, mengucapkan terima kasih atas kehadiran jajaran Forkopimcam dan seluruh elemen masyarakat Kecamatan Jongkat pada  Ngopi Bareng dan Ramah Tamah tersebut.

“Karena belum dilaksanakan serah terima jabatan, maka saya tetap sebagai tamu di hadapan bapak dan ibu sekalian. Namun saya tetap memohon dukungan dan kerjasama jika nanti sebagai telah menjabat sebagai Kapolsek Siantan,” katanya.

Pada Ngopi Bareng dan Ramah Tamah yang menjadi ajang berpamitan ini, Kapolsek Siantan, Iptu Rahmad Kartono juga menyerahkan cinderamata kepada berbagai elemen masyarakat.

Selain itu, ia juga menyerahkan tali asih kepada penyandang disabilitas, pengurus masjid dan kaum dhuafa.

Sebagai balasannya, para undangan yang hadir turut menyerahkan berbagai cinderamata kepada Iptu Rahmad Kartono, termasuk pemberian penghargaan dari Kepala Dinas Kesehatan PPKB Mempawah kepada Rahmad Kartono dan sejumlah Bhabinkamtibmas.

Apa saja kata mereka yang hadir soal Iptu Rahmad Kartono selama menjabat sebagai Kapolsek Siantan? Berikut ulasannya.

 

Dinas Kesehatan Sangat Terbantu

Jamiril, Kepala Dinas Kesehatan dan PPKB Mempawah, dalam kesan dan pesannya mengaku sangat terbantu atas kerja keras Kapolsek Iptu Rahmad Kartono bersama para tenaga kesehatan dan jajaran Satgas COVID-19 Jongkat untuk menyukseskan vaksinasi.

“Tidak saja termasuk kecamatan yang tertinggi dalam pelaksanaan vaksinasi, tapi Jongkat juga sanggup mencapai satatus zona hijau. Ini luar biasa dan hendaknya dapat terus dipertahankan,” kata Jamiril.

Ia memberikan apresiasi kepada Kapolsek Iptu Rahmad Kartono dan jajaran yang telah berjibaku siang dan malam untuk menyehatkan masyarakat Kecamatan Jongkat.

 

Sosok Familiar dan Dekat dengan Masyarakat

Woro Wasianti, Sekretaris Kecamatan Jongkat, turut mengungkapkan sosok Iptu Rahmad Kartono yang dinilainya sebagai Kapolsek yang familiar dan dekat dengan masyarakat.

Menurutnya, pihak Kecamatan Jongkat turut merasa terbantu dengan kerja keras dan perjuangan sang kapolsek dalam membantu berbagai permasalahan yang terjadi di masyarakat, termasuk penciptaan situasi kamtibmas, vaksinasi dan penanganan karhutla.

Kapolsek Siantan Iptu Rahmad Kartono ini, tambahnya, juga selalu mengajak pihak kecamatan untuk turun ke lapangan dalam kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan, keagamaan, dan lain sebagainya.

“Semoga apa yang telah dilakukan terhadap masyarakat Jongkat bernilai ibadah di hadapan Allah SWT,” ujarnya mendoakan.

 

Kapolsek yang Masuk di Semua Lini

Perwakilan pemerintah desa di Kecamatan Jongkat, yakni Kepala Desa Peniti Luar, Kantor, mengaku sangat terkesan atas gaya kepemimpinan Kapolsek Siantan, Iptu Rahmad Kartono.

“Beliau ini sosok Kapolsek yang mampu masuk di semua lini kehidupan masyarakat. Ia selalu punya energi ekstra untuk melaksanakan berbagai kegiatan, termasuk vaksinasi, pencegahan COVID-19 dan penanganan Karhutla,” jelas Kantor.

Mewakili aparatur pemerintahan desa di Kecamatan Jongkat, termasuk masyarakat Desa Peniti Luar, Kantor selanjutnya mengucapkan banyak-banyak terima kasih kepada Kapolsek Iptu Rahmad Kartono yang selama ini telah banyak berbuat.

“Kami doakan Pak Iptu Rahmad Kartono semakin sukses dalam melaksanakan amanah negara di tempat yang baru, yakni di Polda Kalbar,” imbuhnya.

 

Peduli Pondok Pesantren

Sedangkan Ustadz Anas dari Pondok Pesantren Darul Qalam Desa Sungai Nipah, mengaku cukup sedih atas pindah tugasnya Iptu Rahmad Kartono ke Polda Kalbar.

“Kami sudah merasa sangat dekat dengan beliau. Namun perpisahan ini tetap harus kami terima dengan lapang dada karena demi kepentingan karir Iptu Rahmad Kartono di masa mendatang,” ujarnya.

Rahmad Kartono, jelas dia, mampu membina dan menjalin hubungan baik dengan berbagai lembaga pendidikan, termasuk di Pontren Darul Qalam.

“Sudah banyak sekali Pak Kapolsek berbuat untuk pondok pesantren kami. Saya dan para santri akan selalu mendoakan agar apa yang telah diberikan kepada kami akan mendapatkan ganjaran pahala dari Allah SWT,” pungkasnya.

  • Bagikan