Emak-emak Pemulung di Tayan Hilir Kaget, Pengurus PSI Datang Kasih Bingkisan

  • Bagikan
Ketua DPC PSI Tayan Hilir, Trisno Gunawan (kiri), berfoto bersama emak-emak pemulung usai aksi sosial membagikan bingkisan berisi Rice Box di TPA Kecamatan Tayan Hilir, Kabupaten Sanggau, Rabu (15/9/2021). SUARAKALBAR.CO.ID/IST

Sanggau (Suara Kalbar) – Ibu Susana, begitu ia biasa disapa, bersama empat emak-emak sedang bekerja memilah-memilah sampah di TPA Kecamatan Tayan Hilir, Kabupaten Sanggau, Rabu (15/9/2021) pagi.

Sampah-sampah yang masih bernilai Rupiah itu, nantinya akan dikumpulkan dan dijual kepada para penampung.

Saat fokus bekerja itu lah, tiba-tiba datang sekelompok orang yang dengan nada ramah kemudian menyapa Ibu Susana dan rekan-rekannya.

Rupanya, itu adalah rombongan DPD Partai Solidaritas Indonesia (PSI)Kabupaten Sanggau dan DPC PSI Tayan Hilir yang menggelar aksi sosial membagikan bingkisan kepada masyarakat kecil dan buruh setempat.

Uniknya, pengurus DPD PSI Sanggau, Dewi Merlina, sempat membuat rekaman video yang menggambarkan jelas suasana keakraban antara mereka di lokasi TPA yang dikelilingi tumpukan sampah.

Emak-emak pemulung itu mengaku sangat gembira karena mendapatkan bingkisan berupa Rice Box dari jajaran PSI Sanggau.

Dewi Merlina yang didampingi Ketua DPC PSI Tayan Hilir, Trisno Gunawan, mengatakan, aksi sosial membagikan Rice Box ini merupakan program pusat, yakni DPP Partai Solidaritas Indonesia di Jakarta.

Bahkan, Dewi mengenalkan nama Plt Ketua Umum PSI, yakni Giring Ganesha. Setelah diperjelas lagi dengan nama Giring Nidji, emak-emak pemulung di Tayan Hilir seketika terkesima.

Mereka mengaku kenal dengan Giring Nidji, dan tak menyangka artis terkenal itu telah menjadi pelaksana tugas pimpinan pusat PSI.

“Ini adalah bentuk kepedulian kami kepada ibu-ibu pemulung dan buruh di Kecamatan Tayan Hilir. Semoga bingkisan Rice Box yang kami berikan bisa bermanfaat ya bu,” kata Dewi Merlina dan Trisno Gunawan.

Sementara itu, Susana yang mewakili emak-emak pemulung, mengaku berbahagia mendapatkan perhatian dari PSI Sanggau.

“Baru kali ini saya dan kawan-kawan mendapat kepedulian dari pengurus partai yang mau datang menyapa kami di antara tumpukan sampah. Terima kasih PSI, semoga semakin maju!” ungkap Susana bersemangat.

Susana lantas menceritakan bagaimana kehidupan mereka sehari-hari dalam bekerja mengais Rupiah dari tumpukan sampah.

Usai berdialog, Dewi Merlina, Trisno Gunawan dan rombongan pun berpamitan pulang untuk menyalurkan bingkisan lain kepada masyarakat kecil di Kecamatan Tayan Hilir.

  • Bagikan