Usai Jalani Isolasi, Dua Pekerja Migran Dipulangkan ke Kampung Halaman

MASA PEMULIHAN. Anggota TNI memonitoring PMI yang tengah menjalani isolasi dan pemulihan usai dinyatakan terkonfirmasi positif di PLBN Entikong,Minggu (8/8/2021). SUARAKALBAR.CO.ID/Agus Alfian

Entikong (Suara Kalbar) – Satgas Penanganan Covid-19 di PLBN Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, memulangkan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang sudah dinyatakan negatif Covid-19.

Ketika dikonfirmasi, dr. Gilda Aditya Asmara, Anggota Satgas Terpadu Penanganan WNI Pelintas Entikong, membenarkan kabar tersebut.

Dijelaskannya, hasil pemeriksaan atau tes terhadap para WNI yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Mes Karantina Kesehatan Pelabuhan-KKP Entikong, dua orang dinyatakan negatif.

“Kedua PMI tersebut langsung dipisahkan untuk selanjutnya dipulangkan ke daerahnya pada Jumat kemarin,” kata dr. Gilda Aditya Asmara, Minggu (8/8/2021).

Menurut Gilda, penanganan PMI yang terpapar virus Corona selama menjalani karantina atau isolasi di Entikong dilakukan secara intensif.

“Termasuk untuk tes Covid-19 terhadap setiap PMI setiap tiga hari sekali, untuk memastikan yang bersangkutan masih terpapar atau sudah negatif,” ungkapnya.

Diakuinya, dalam seminggu terakhir memang terjadi peningkatan jumlah WNI Pelintas di PLBN Entikong yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Akibatnya, tempat Isolasi yakni Mes Karantina Kesehatan Pelabuhan-KKP Entikong sempat terisi 35 PMI yang terkonfirmasi positif.

Dari data perawatan terbaru, saat ini masih ada 23 PMI dalam tengah menjalani isolasi di Mes Karantina Kesehatan Pelabuhan-KKP Entikong.

“Sebagian besar sudah menjalani masa karantina 5-7 hari, terhitung sejak diketahui terkonfirmasi positif Covid-19 saat pemeriksaan di PLBN Entikong,” tutup Gilda.

Exit mobile version