Top! Kepala Puskesmas Sungai Pinyuh Jalani Booster Vaksin Moderna asal Amerika

BOOSTER VAKSIN. Kepala Puskesmas Rawat Inap Sungai Pinyuh, dr. Riska Susanti, saat menjalani penyuntikan booster vaksin Moderna yang berasal dari Amerika Serikat, Selasa (10/8/2021) pagi. Selain Riska, ada 13 nakes juga mengikuti penyuntikan ketiga. Vaksinasi booster ini menjadi yang pertama di Kabupaten Mempawah. SUARAKALBAR.CO.ID/IST

Mempawah (Suara Kalbar) – Tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Mempawah mulai menjalani suntikan booster vaksin, atau suntikan ketiga vaksinasi Covid-19.

Salah satunya adalah Kepala Puskesmas Rawat Inap Sungai Pinyuh, dr. Riska Susanti, yang disuntik booster vaksin pada Selasa (10/8/2021) pukul 09.30 WIB.

Vaksinasi bagi nakes tersebut berlangsung di Puskesmas Rawat Inap Sungai Pinyuh.

Ketika dikonfirmasi, Dokter Riska, sapaan akrabnya, membenarkan dirinya telah menjalani suntikan ketiga vaksinasi Covid-19, atau umum disebut booster vaksin.

“Alhamdulillah, saya telah disuntik untuk yang ketiga kali menggunakan vaksin Moderna asal Amerika Serikat. Sekarang sudah enam jam, saya tetap beraktivitas seperti biasa,” ungkap Riska Susanti.

Selain Riska, ada lagi 13 tenaga kesehatan yang menjalani booster vaksin.

Dan vaksinasi ketiga bagi 14 nakes di Puskesmas Rawat Inap Sungai Pinyuh ini, tambahnya, menjadi yang pertama di Kabupaten Mempawah.

Mengutip dari sejumlah literasi nasional, booster vaksin adalah vaksinasi Corona dosis ketiga yang menggunakan plaform berbeda dari suntikan dosis pertama maupun kedua.

Kebijakan ini diberlakukan pemerintah dengan mempertimbangkan risiko, perhitungan laporan stok vaksin dan kecepatan laju vaksinasi.

Nah, karena tenaga kesehatan merupakan populasi yang berisiko, maka booster vaksin diprioritaskan bagi mereka.

“Untuk saat ini, booster vaksin masih diprioritaskan untuk tenaga kesehatan. Dan kami di Puskesmas Rawat Inap Sungai Pinyuh menjadi yang pertama melaksanakan vaksin ketiga booster Moderna di Kabupaten Mempawah,” katanya.