Tiga Ekor Buaya Muncul Namun Satu Ekor Berhasil Ditangkap di Singkawang

Warga berhasil menangkap buaya dalam kondisi hidup yang muncul di rawa-rawa Jalan Kalimantan Gang Remoyo Kelurahan Condong Kecamatan Singkawang Tengah pada Selasa (10/8/2021) sekitar pukul 23.00 malam. dok.foto. istimewa

Singkawang (Suara Kalbar)- Warga dikejutkan dengan kemunculan seekor buaya berukuran sekitar 2,5 meter dan akhirnya beramai-ramai mereka menangkap buaya untuk diserahkan ke instansi terkait di Jalan Kalimantan Gang Remoyo Kelurahan Condong Kecamatan Singkawang Tengah pada Selasa (10/8/2021) sekitar pukul 23.00 malam.

“Saat itu saya kira ikan lele, saya panggil anak saya dan ternyata buaya. Anak saya mengambil jala dan kemudian memberitahukan warga yang lain,” ujar Wiwik, satu diantara warga sekitar kepada suarakalbar.co.id.

Memang sebelumnya, kata Wiwik, ada tiga ekor buaya namun yang berhasil ditangkap warga baru satu ekor buaya. “Saat itu pukul sembilan malam, saya lihat ada tiga ekor dekat rawa-rawa, namun yang melintasi sebanyak satu ekor yang ditangkap warga,” katanya.

Menurut Wiwik bahwa buaya hewan dilindungi, akhirnya warga berusaha menangkap buaya dalam kondisi hidup-hidup dan diserahkan ke petugas yang berwenang.

Berdasarkan keterangan perempuan berusia 57 tahun ini, kemunculan buaya memang sudah lama, namun pada malam itu baru terlihat secara utuh.

“Kami memang agak khawatir adanya buaya ini, dan takut turun ke bawah. Apalagi ditambah banyaknya semak-semak yang sudah mulai tinggi di rawa-rawa ini, mudah-mudahan bisa dibersihkan petugas,” jelasnya.

Akibat kemunculan buaya ini, jelas Wiwik, anak-anak yang biasa bermain di air jadi tidak berani lagi.”Tapi kalau air pasang kami khawatir juga, takut buayanya naik ke rumah,” katanya.