Melawan Saat Disergap di Perempatan Tanjung Hulu, Pelaku Curanmor Jongkat Berhasil Ditangkap

CURANMOR. Dua pelaku curanmor berinisial JAP dan ARH berikut barang bukti sepeda motor Yamaha Jupiter MX di Mapolsek Siantan, Polres Mempawah, Minggu (8/8/2021). Tidak sampai 24 jam, keduanya berhasil dibekuk Tim Reskrim Polsek Siantan di Kota Pontianak. SUARAKALBAR.CO.ID/IST

Mempawah (Suara Kalbar) – Tim Unit Reskrim Polsek Siantan, Polres Mempawah, berhasil meringkus dua pelaku pencurian sepeda motor berinisial JAP dan ARH, Minggu (8/8/2021) pukul 08.00 WIB.

Keduanya dibekuk di Kota Pontianak, setelah sehari sebelumnya beraksi membawa kabur sepeda motor Yamaha Jupiter MX milik Zikrillah saat diparkir di dekat WC Pasar Pangkalan Mas, Desa Jungkat, Kecamatan Jongkat.

Atas kehilangan sepeda motor itu, Zikrillah yang warga Parit Wak Paik, Desa Peniti Dalam I, Kecamatan Segedong ini, langsung melapor ke Mapolsek Siantan di Jongkat.

Kapolres Mempawah, AKBP Fauzan Sukmawansyah, melalui Kapolsek Siantan, Iptu Rahmad Kartono, ketika dikonfirmasi, membenarkan adanya laporan Zikrillah yang kehilangan sepeda motor di Pasar Pangkalan Mas Jungkat, tadi malam, Sabtu (7/8/2021) sekitar pukul 23.30 WIB.

“Berdasarkan laporan itu, Tim Unit Reskrim Polsek Siantan langsung bergerak melakukan penyelidikan. Tidak sampai 24 jam, tepatnya tadi pagi sekitar pukul 08.00 WIB, identitas pelaku dan sepeda motor telah berhasil kami lacak,” katanya.

Dijelaskan, posisi sepeda motor terlacak berada di daerah Siantan, Kecamatan Pontianak Utara. Tak tunggu lama, lima personel Polsek Siantan yang masih bekerja di lapangan, langsung bergerak untuk melakukan penangkapan.

“Ketika pelaku berinisial JAP melintas di perempatan Tanjung Hulu, Kecamatan Pontianak Timur, lima personel kami langsung melakukan penyergapan. Dan ia sempat melawan petugas, sehingga kami harus mengambil tindakan tegas dan terukur,” kata Kapolsek.

JAP yang tak berkutik, kemudian bernyanyi bahwa dirinya tak sendiri dalam aksi pencurian sepeda motor di Pasar Pangkalan Mas Jungkat itu. Ia menyebut keterlibatan seorang pemuda lainnya yang berinisial ARH.

Nyanyian JAP membuat lima personel Polsek Siantan kembali bergerak ke kawasan Baladewa Beting. Akhirnya, ARH yang tak menyangka telah menjadi buruan, pasrah saat dirinya telah dikepung para petugas.

Usai penangkapan, kedua pelaku berikut barang bukti sepeda motor Yamaha Jupiter MX langsung digiring ke Mapolsek Siantan untuk proses hukum lebih lanjut.