147 Ton Oksigen Cair Dipasok dari Malaysia untuk Kebutuhan Kalbar

Oksigen cair tiba dari Malaysia untuk kebutuhan Kalimantan Barat melalui PLBN Entikong, Kabupaten Sanggau, Kamis (5/8/2021). SUARAKALBAR.CO.ID/ Agus Alfian

Entikong (Suara Kalbar)- Pengiriman liquid oxygen atau oksigen cair dari Sarawak untuk memenuhi kekurang oksigen di Kalimantan Barat terus berlanjut hingga ketiga pengiriman sebanyak 18 ton oksigen cair dari PLBN Entikong yang terus dikirim ke Pontianak, Kamis (5/8/2021).

“Sudah ada tiga kali pengiriman liquid oxygen dengan sembilan ISO tank dari Sarawak Malaysia menuju Pontianak Kalimantan Barat,” ujar Kepala Bea Cukai Entikong, Ristola Nainggolan.

Dari tiga kali pengiriman, kata Ristola, totalnya tidak kurang dari 147 ton oksigen cair masuk ke Pontianak, masing-masing shipment pertama pada 23 dan 24 Juli sebanyak 45 ton, untuk pengiriman kedua.

Terdapat 50 ton, dengan mengunakan tiga Iso Tank. Sedangkan untuk shipment terbaru atau ke tiga masing-masing ada 18 ton Iso tank PT. Baja Sarana Sejahtera, dua iso tank 17 ton dari PT. Matesu Abadi.

“Proses impor Liquid Oxygen dari Sarawak Malaysia melalui PLBN Entikong berjalan dengan lancar. Pemasukan oksigen ini masuk dalam kelompok bebas cukai, karena di gunakan dalam penanganan kondisi darurat oksigen di dalam negeri,” kata Ristola Nainggolan.

Selurus proses pemindahan ISO tank Liquid Oxygen dari Sarawak ke Entikong, mendapat pengawalan perangkat CIQS di PLBN Entikong. Sampai pada mobilisasi Iso Tank Liquid Oxygen ke Pontianak dengan pengawalan dari jajaran TNI dan Kepolisian masing-masing wilayah.