Pertama di Mempawah, 868 Pelajar di Jongkat Jalani Vaksinasi Covid-19

VAKSINASI PELAJAR. Kapolsek Siantan, Polres Mempawah, Iptu Rahmad Kartono, saat memonitoring para pelajar SMAN 1 Siantan di Desa Sungai Nipah, Kecamatan Jongkat, yang menjalani vaksinasi tahap 1, Sabtu (10/7/2021). SUARAKALBAR.CO.ID/Distra

Mempawah (Suara Kalbar) – Polsek Siantan, Polres Mempawah, bersama Satuan Tugas Covid-19 Kecamatan Jongkat mulai mengelar vaksinasi Covid-19 bagi para pelajar sekolah menengah atas (SMA), Sabtu (10/7/2021) pagi.

Vaksinasi 868 pelajar yang berlangsung di SMAN 1 Siantan, Desa Sungai Nipah, ini merupakan kegiatan pertama yang dilaksanakan di Kabupaten Mempawah.

Sejak pukul 08.00 WIB, para pelajar SMAN 1 Siantan tampak mulai berdatangan.

Mereka lantas diatur agar tertib, dan dipersilahkan duduk di kursi yang telah disediakan, dengan jarak antar kursi 1 meter.

Selanjutnya, Kapolsek Siantan, Iptu Rahmad Kartono, memberikan pengarahan terkait proses pendaftaran dan tahapan skrinning yang harus dilalui para pelajar sebelum mendapatkan penyuntikan vaksinasi.

Bertindak sebagai Tim Vaksinator adalah tenaga kesehatan dari Puskesmas Rawat Inap Jungkat dan Puskesmas Rawat Jalan Wajok Hulu.

Kepada SUARAKALBAR.CO.ID di lokasi kegiatan, Kapolsek Iptu Rahmad Kartono mengatakan, pada kegiatan kali ini pihaknya bersama Satgas Covid-19 Jongkat membidik kalangan pelajar sebagai peserta vaksinasi.

“Vaksinasi di kalangan pelajar ini merupakan tindak lanjut dari instruksi Presiden dan Menteri Pendidikan RI sebelum dimulainya pembelajaran tatap muka,” kata Kapolsek.

Karena itu, ia meminta kepada para orangtua atau wali murid untuk tidak mengkhawatirkan jika anak-anak mereka mendapatkan suntikan vaksin.

“Tenaga kesehatan yang menjadi tim vaksinator adalah petugas-petugas yang profesional. Insya Allah, vaksinasi aman dan halal,” kata Rahmad Kartono lagi.

Dengan adanya kegiatan vaksinasi ini, maka dalam waktu dekat, proses pembelajaran tatap muka diharapkan dapat kembali dimulai, setelah lebih dari setahun para pelajar di Kabupaten Mempawah menggunakan metode belajar daring di masa pandemi Covid-19.

Vaksinasi di SMAN 1 Siantan turut menghadirkan partisipasi masyarakat Desa Sungai Nipah. Sejumlah masyarakat juga tampak antusias untuk divaksin.

Para peserta vaksinasi didampingi Satgas Covid-19, termasuk personel TNI-POLRI, yakni Polsek Siantan, Koramil 1201-01 Jongkat dan Batalyon Kaveleri.

Hingga berita ini diturunkan, pelaksanaan vaksinasi tengah ditinjau Kapolres Mempawah, AKBP Fauzan Sukmawanyah dan PJU Polres Mempawah, Dandim 1201/Mph, Letkol Inf Dwi Agung Prihanto dan Danyonkav 12/BC Peniti, Letkol Kav I Nyoman Artawan.

Tampak mendampingi Kepala SMAN 1 Siantan, Indang Maryati, Kepala Puskesmas Rawat Inap Jungkat, M. Hasanudin dan Kepala Puskesmas Rawat Jalan Wajok Hulu, Muginarsih.