Lantik Kepengurusan DMI Singkawang, Ini Empat Pesan Ria Norsan

Ketua Pengurus Wilayah Dewan Masjid Indonesia (PW-DMI) Kalimantan Barat, Ria Norsan, saat Pelantikan Pengurus Daerah DMI Singkawang, Sabtu (3/7/2021). SUARAKALBAR.CO.ID/IST

Singkawang (Suara Kalbar) – Ketua Pengurus Wilayah Dewan Masjid Indonesia (PW DMI) Provinsi Kalimantan Barat, Ria Norsan, melantik Pengurus Daerah (PD) DMI Kota Singkawang, masa bakti 2021-2026 yang diketuai Abdul Mutalib, di Aula Balairung Pemkot Singkawang, Sabtu Pagi (3/7/2021).

Dihadiri Wakil Walikota Singkawang, Irwan, prosesi pelantikan turut dirangkai dengan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) ke-VI PD DMI Singkawang.

Ria Norsan atas nama Pemprov Kalbar dan PW DMI mengucapkan selamat atas dilantiknya pengurus baru DMI Singkawang.

“Selamat bekerja dan memberikan yang terbaik bagi kemaslahatan masjid yang ada di Kota Singkawang,” kata Wakil Gubernur Kalimantan Barat ini.

Ia menegaskan, pergantian kepengurusan suatu organisasi atau regenerasi, khususnya pada DMI Kota Singkawang, merupakan hal yang sangat mutlak untuk dilakukan.

“Hal ini berkaitan dengan peremajaan bagi organisasi, serta ajang pembelajaran bagi anggota-anggota yang akan menjadi pengurus nantinya,” ujar Ria Norsan.

Dalam kesempatan tersebut, mantan Bupati Mempawah dua periode ini kemudian menyampaikan beberapa harapan kepada seluruh pengurus DMI Kota Singkawang.

Pertama, DMI Singkawang diharapkannya senantiasa memberdayakan masjid untuk melakukan upaya edukasi kepada umat muslim melalui dakwah.

Terutama dalam rangka peningkatan karakter dan moral umat muslim dalam berbangsa, bernegara dan bermasyarakat utamanya kepada generasi muda.

Kedua, DMI Singkawang diharapkan mampu mendorong masjid agar selalu dimanfaatkan umat. Tidak hanya sebagai sarana ibadah, namun juga dapat dijadikan sarana pendidikan.

“Baik pendidikan Tahfidzul Qur’an (hapalan Qur’an) dan Tahsinul Qur’an (memperbaiki kualitas bacaan Quran), maupun pendidikan dasar formal seperti TK, SD dan SMP,” ungkapnya.

Ketiga, mendorong DMI Singkawang memberdayakan masjid sebagai sarana untuk menumbuhkembangkan minat, bakat, dan keterampilan generasi muda.

“Berdayakan pemuda remaja masjid dengan memperbanyak pelatihan kepemimpinan, manajemen dan keterampilan,” harapnya.

Keempat, DMI Singkawang diminta mampu mendorong peran masjid dalam mewujudkan kemakmuran umat muslim melalui optimalisasi zakat, infaq, dan sedekah bekerjasama dengan BAZNAS.

Termasuk melalui pengembangan usaha yang berbasis syariah, seperti Baitul Maal Wat Tamwil/BMT, di kalangan Majelis Taklim, sehingga dapat lebih optimal membantu maupun memberdayakan kaum duafa, utamanya anak-anak terlantar.

Tidak lupa, ia mengharapkan masjid-masjid di seluruh Kalimantan Barat, khususnya Kota Singkawang, tetap terbuka untuk tempat beribadah dengan memperhatikan penerapan protokol kesehatan Covid-19.

“Bagi umat Islam yang sedang sakit, maka dianjurkan untuk tidak turun sementara waktu ke masjid dan beribadah di rumah masing-masing,” tutup Ria Norsan.

Dalam kesempatan itu, Ria Norsan turut menyerahkan wakaf 200 pcs Alquran kepada Ketua PD DMI Singkawang, Abdul Mutalib.

Exit mobile version