Junjung Warisan Budaya Pontianak, Mandiri Berbagi Cashback 75% di Kopi Asiang

  • Bagikan
Livin’ by Mandiri

Suara Kalbar – Menjadi salah satu lokasi yang wajib dikunjungi pecinta kopi saat beranjangsana ke kota Khatulistiwa, KOPI ASIANG kian solid meneguhkan diri sebagai budaya asli kota Pontianak.

Beralamat di Jalan Merapi No.193 Kelurahan Benua Melayu Darat, Kecamatan Pontianak Selatan, Kota Pontianak Kalimantan Barat, gerai kopi legendaris ini telah hadir menyapa kaum penyedu kopi selama lebih dari 62 tahun, tepatnya sejak tahun 1958.

Asiang sendiri merupakan nama pemilik warung kopi yang bernama asli Johannes Fendi. Johannes yang akrab disapa Engkoh Asiang merupakan generasi kedua yang mengelola Warung Kopi ini. Nama itu diwarisi pria berusia 65 tahun tersebut dari Sang Ayah, sebagai Engkoh Asiang Senior, yang kemudian terus dipertahankan hingga saat ini.

Bahkan, di tengah kesibukan mengelola warung kopi warisan tersebut, Engkoh Asiang generasi kedua atau Johannes Fendi juga telah mempersiapkan puteranya, yakni Suwandi untuk mulai ikut terlibat dalam usaha ini.

Kendati melegenda, Kopi Asiang tetap memegang teguh filosofi keunikan dalam kesederhanaan, dimana kopi menjadi medium bercengkerama satu meja tanpa WIFI bersama rekan / teman ngopi kita, serta tetap mengandalkan biji kopi Robusta lokal dengan cita rasa khas Kopi Asiang.

Nah, apa saja yang dijual di toko kopi tersebut? di Kopi Asiang terdapat Kopi Hitam, Kopi Susu, Bubuk Kopi Racikan Engkoh Asiang yang dijual dalam kemasan. Tidak hanya kopi, para penyeruput minuman warna hitam itu juga dapat membeli dan menikmati berbagai cemilan pendamping seperti roti srikaya dan lainnya, serta menu sarapan seperti bubur, gado-gado dan sate ayam.

Boleh jadi, kenikmatan kopi yang disajikan di Kopi Asiang disebabkan kualitas biji kopi robusta yang dibeli dari petani local, baik melalui koperasi kopi maupun petani besarnya secara langsung.

Mengingat Kopi Asiang ini adalah bisnis keluarga yang turun temurun, tentu saja anggota keluarga dari Engkoh Asiang selalu turut membantu dalam meracik kopi dan melayani konsumen, mulai dari istri hingga anak-anaknya. Warung Kopi ini juga memperkerjakan beberapa barista yang membantu Asiang sang iconic sebagai barista utama. Setiap harinya sekitar 10 orang terlibat dalam operasional Warung Kopi ini.

Keluarga dan karyawan yang terlibat membantu operasional Kopi Asiang ini sudah terlatih dan selalu dibimbing oleh Engkoh Asiang sebagai owner, serta Suwandy sang anak sebagai pengelola generasi ketiga saat ini.

Sedangkan target market warung kopi ini yakni semua pecinta kopi yang ada di kota Pontianak. Mengingat kehidupan masyarakat pontianak tidak pernah jauh dari kegiatan “ngopi”, maka Kopi Asiang menjadi salah satu “meeting point” yang paling favorit untuk pertemuan bisnis, rapat kerja, atau bahkan untuk sekedar reuni SMA. Selain ciri khas tradisional, hal ini juga didorong oleh lokasi yang relative luas dan strategis karena berpusat di tengah kota.

Berbagai kalangan mulai dari anak muda (pelajar/mahasiswa), karyawan, pebisnis, orangtua dan golongan masyarakat lainnya terlihat sering nongkrong di warung kopi legendaris ini.

Bahkan, sebagain besar public figure juga pernah mampir, mulai dari artis, selebriti, pejabat tinggi pemerintahan, politisi, jajaran Direksi BUMN dan perusahaan juga tokoh besar lainnya. Indikasinya, warung ini tidak pernah sepi pengunjung dengan omset total di kisaran Rp3 juta – Rp5 juta per hari.
Itulah mengapa pengunjung Kopi Asiang selalu penuh dan ramai dengan omset kisaran 3 sampai 5 juta perhari.

Di masa pandemi Covid-19 saat ini Kopi Asiang tetap buka untuk take away maupun dine-in dengan social distancing serta mengikuti Protokol Kesehatan dengan tetap mengutamakan keamanan dan kenyamanan penikmat kopi yang datang.

Berangkat dari keinginan mengangkat nilai-nilai hakiki Kopi Asiang sebagai cagar budaya lokal Pontianak, Bank Mandiri pun menawarkan program promo cashback 75% dengan menggunakan QR payment pada layanan Mobile Banking, Livin By Mandiri. Tak hanya itu, program promo yang berlangsung 1-3 Juli 2021 ini juga bisa dinikmati dengan Mandiri Debit, Mandiri Kartu Kredit dan juga Fiestapoin.

Livin’ by Mandiri merupakan layanan digital banking terkini Bank Mandiri bagi nasabah retail untuk berbagai transaksi keuangan, sedangkan QR Payment adalah merupakan fitur yang membantu nasabah untuk melakukan pembayaran dengan scan QR code atau QRIS (Quick Response Code Indonesia Standard). Caranya, pengguna cukup melakukan scan terhadap QR code nasabah yang di-generate di Livin’ by Mandiri, dengan sumber dana rekening tabungan/giro nasabah.

Program ini memberikan promo cashback 75% menggunakan QRIS ini dengan minimal transaksi Rp.20.000,- dan cashback maksimal Rp.15.000,-. Promo ini berlaku hanya 1 kali per user per periode. Cashback yang diterima adalah dalam bentuk saldo yang akan dikreditkan ke rekening nasabah Livin’ by Mandiri terhitung 3 hari kerja setelah transaksi.

Berbeda dengan pembayaran menggunakan QRIS, pembayaran dengan menggunakan debit, kartu kredit dengan fiestapoin, promo hemat hingga 50% dengan fiestapoin dan berlaku untuk minimal transaksi mulai Rp.50.000,- dan maksimal diskon hingga Rp.150.000,-. Hal ini berlaku untuk seluruh kartu Mandiri Debit dan Mandiri Kartu Kredit yang memiliki fitur fiestapoin. Konversi fiestapoin mengikuti syarat dan ketentuan Bank Mandiri. tidak berlaku split bill, promo tidak dapat diuangkan dan promo dapat digabungkan dengan promo lainnya.

Untuk informasi lebih lanjut, nasabah dapat mengakses http://bmri.id/kopi75 dan bmri.id/livinkopi atau menghubungi Mandiri Call 14000.

  • Bagikan