Di Tengah Ketidakpastian Berakhirnya Pandemi, 6 Ribu Calhaj KKR Menanti Keberangkatan

Kepala Kantor Kementerian Agama Kubu Raya, Nahruji Sudiman,

Kubu Raya (Suara Kalbar)- Sebanyak 6 ribu Calon Jemaah Haji (Calhaj) yang berasal dari Kabupaten Kubu Raya (KKR) menunggu daftar antrean keberangkatan ke tanah suci, bahkan Calhaj yang daftar tahun ini akan diperkirakan berangkat 19 tahun kedepan, jika tahun depan keberangkatan haji diperbolehkan.

“Dengan tidak diberangkatkannya calon jemaah haji selama tahun 2020-2021 membuat total daftar tunggu calon jemaah haji asal kubu raya ini menjadi sebanyak 6 ribu orang,” ujar Kepala Kantor Kementerian Agama Kubu Raya, Nahruji Sudiman, Jumat (23/7/2021).

Menurut Nahruji tidak menutup kemungkinan jika tahun depan masih belum ada perkembangan dan ditunda lagi keberangkatan calon jemaah haji maka jumlahnya daftar tunggunya akan kembali bertambah.“Jika tidak ada perubahan di khawatirkan daftar tunggunya semakin tinggi,” ungkapnya.

Pihaknyapun akan terus mensosialisasikan ke masyarakat di tengah pandemi saat ini adalah menjaga kesehatan masyarakat dengan disiplin menerapkan disiplin protokol kesehatan dan mendukung pelaksanaan vaksinasi yang tengah digencarkan pemerintah sebagai upaya penanganan dan mencegah penyebaran Covid-19.“Kami tetap mensosialisasikan terkait protkes kepada calon jemaah haji agar semua ini cepat berlalu,”kata Nahruji.

Meski daftar tunggu yang masih lama, antusias masyarakat untuk mendaftar tidak ada perubahan dengan kata lain masih sama seperti tidak terjadi pandemi. “Kemenag Kubu Raya terus membuka pelayanan pendaftaran bagi calon jemaah haji di Kubu Raya,” jelasnya.