Miris, Tagana Melawi Kembali Makamkan Pasien, Total 78 Orang Meninggal Akibat Covid-19

Tim Satuan Tugas COVID-19 Kabupaten Melawi dari Taruna Siaga Bencana (Tagana) kembali memakamkan satu pasien terkonfirmasi positif COVID-19 pada hari ini, Kamis (24/6/2021) sore. SUARAKALBAR.CO.ID/Dea

Melawi (Suara Kalbar) – Tim Satuan Tugas COVID-19 Kabupaten Melawi dari Taruna Siaga Bencana (Tagana) kembali memakamkan satu pasien terkonfirmasi positif COVID-19 pada hari ini, Kamis (24/6/2021) sore.

“Ya hari ini, Tim Tagana kembali makamkan satu pasien covid-19 berjenis kelamin laki laki asal Nanga Pinoh. Proses Pemakaman tetap secara protokol kesehatan,” Ungkap Koordinator Tagana Melawi, Adang Wahyudi saat dikonfirmasi Suara Kalbar.co.id

Adang mengungkapkan sebagian besar pasien yang meninggal dunia ada menderita penyakit bawaan, seperti asma, jantung, paru paru dan lainnya.

“Kasus meninggal dunia terkonfirmasi COVID-19 masih terjadi di Kabupaten Melawi. Bahkan tercatat sudah 78 orang meninggal dunia,” bebernya.

Dirinya juga mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada dan disiplin dalam penerapan protokol kesehatan, seperti memakai masker, rajin cuci tangan menggunakan sabun, jaga jarak, hindari kerumunan dan mengurangi mobilitas.

“Meski Melawi sudah pada zona kuning atau resiko rendah. Bukan berarti kita harus mengabaikan prokes.” ingatnya.

Terlebih lanjut Adang, Varian baru virus Corona yakni varian B 1617.2 atau Delta telah merebak ke sejumlah daerah di Indonesia hingga menyebabkan lonjakan kasus Covid-19. Seperti yang terjadi di kabupaten kudus Jawa Tengah dan DKI Jakarta.

varian Delta ini memiliki tingkat penularan yang lebih cepat. Hal ini tentu harus menjadi perhatian pemerintah dan warga Melawi.

“perlu diantisipasi melalui penerapan protokol kesehatan dan akselerasi vaksinasi COVID-19. Jangan lengah. Karena mencegah itu lebih baik dari mengobati,” pungkasnya.

Penulis: Dea Kusumah WardhanaEditor: Dina Prihatini Wardoyo