REI Naungi 12 Pengembang Perumahan Bengkayang

  • Bagikan

 

Perumahan saat ini di Bengkayang mengalami pertumbuhan yang cukup pesat

Bengkayang (Suara Kalbar) – Komisariat Singkawang Bengkayang Sambas (Singbebas) Real Estate Indonesia atau REI Kabupaten Bengkayang menaungi dua belas Perusahaan pengembang perumahan di Kabupaten Bengkayang.

“Ada 12 Perseroan Terbatas atau PT yang melakukan pengembangan Perusahan untuk rakyat yang ada di Bengkayang,” ujar Sekretaris REI Kabupaten Bengkayang Uray Rafik, Minggu (2/5/2021).

Kedua belas perusahaan itu adalah, PT Tata Kota Indah, PT Luna Proferty Kreasindo, PT.Anugrah Trio Bapage, PT Ernasa Anugrah Karya, PT Bengkayang Ceria Indah, PT Damai Indah Property.

PT Bumi Hijau Indah Lestari, PT Griya Harapan Bersama, PT Singbebas Mandiri Sejahtera, PT Bumi Emas Property, PT Banyuke Intan Permai, PT Borneo Citra Property, PT Sinar Purnama Agung dan PT Lala Perkasa Propertindo.

“Dari sebanyak 12 Pengembang perumahan ini, sejak lima tahun terakhir, setidaknya sudah dibuat sekitar lebih kurang 1.500 unit rumah sudah terbangun yang dibutuhkan oleh masyarakat Kabupaten Bengkayang,” katanya.

Dia menjelaskan lokasi perumahan itu tersebar di beberapa kecamatan seperti di Kecamatan Jagoi Babang, Sanggau Ledo, Ledo,Teriak Bengkayang, Samalantan dan Sungai Raya.

“Untuk memperoleh setiap unit rumah, warga Bengkayang silahkan menghubungi pihak pengembang sesuai dengan lokasi yang di inginkan,” jelasnya.

Saat ini, permintaan akan perumahan sedikit menurun dikarenakan adanya pengaruh penyebaran Covid-19.

“Semoga kedepan minat masyarakat akan baik dan anggota REI siap untuk menambah penyediaan rumah yang dibutuhkan oleh masyarakat, selain pemerintah daerah juga selalu siap mendukung REI,” katanya.

Menurutnya saat ini, permasalahan yang dihadapi REI dengan beberapa pengembang perumahan adalah masalah air bersih, sebab beberapa wilayah pengembang perumahan kesulitan dalam hal akses aliran air PDAM. “Selain itu, akses jalan juga menjadi kendala,” kata Uray Rafil.

“Harapan kami dari REI Komisariat Bengkayang , kedepan Pemerintah Daerah bisa membantu dalam hal pembangunan akses jalan yang baik dan dari PDAM lebih fokus pada pengembangan jaringan air bersih PDAM, “ jelasnya.

Sehingga, kata Rafil, dapat memaju pertumbuhan ekonomi dan pengembangan Kota Bengkayang serta beberapa kecamatan lain yang ada tersedia perumahan untuk masyarakat.

“Seiring semakin  berkembangnya kota , apalagi Bengkayang adalah akses menuju negara tetangga Malaysia REI yakin kebutuhan akan tersedianya rumah beberapa tahun kedepan akan meningkat, sehingga hal ini harus dibarengi dengan pembenahan jalan dan air bersih,” katanya.

Selain itu hal lain juga di harapkan oleh REI untuk dibenahi yakni akses jaringan listrik dibeberapa Kecamatan karena ada beberapa tempat atau lokasi perumahan kapasitas penyediaan listrik untuk perumahan daya tidak mencukupi.

“Nah, ada tiga hal penting seperti akses jalan, air bersih dan listrik erat kaitannya dengan pengembangan Perumahan, sehingga memang harus menjadi perhatian utama Pemerintah Kabupaten Bengkayang ,” kata Rafil.

Penulis :  Kurnadi

  • Bagikan
You cannot copy content of this page