Pemkab Sanggau Siapkan Tempat Isolasi Cadangan Covid-19

Wakil Bupati Yohaes Ontot didampingi Plt Kadinkes Sanggau Ginting saat melihat ruang isolasi cadangan

Sanggau (Suara Kalbar) –Mengingat dalam beberapa pekan ini kasus pasien positif Covid-19 di Kabupaten Sanggau terus meningkat Pemerintah Kabupaten Sanggau sudah menyiapkan tempat isolasi cadangan di gedung Rumah Sakit Mth Djaman yang baru.

Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot saat meninjau tempat isolasi cadangan meminta kepada pihak terkait agar segera menyiapkan peralatan yang kurang untuk isolasi.

“Kita tidak mau kecolongan dalam penanganan covid- 19 ini. Jadi kita harus mempersiapkan kemungkinan lonjakan maka kita harus persiapkan dulu tempat isolasi cadangan ini,” ujar Ontot.

Dikatakan Ontot dalam peninjauan ini memastikan kesiapan baik itu kamarnya, ruang tunggu atau ruang jaganya serta akses keluar masuk petugas dan keluarga.

“Saya meminta kepada Kepala Dinas dan jajarannya untuk segera membenahi itu. Saya tidak mau laporan ke pimpinan siap tetapi ketika ada masalah nyata baru kita bilang belum siap. Kita tidak mau lagi ada masalah tidak siap. Harus siap,”katanya. 

Sementara itu pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau Ginting mengatakan sejak satu pekan terakhir ini kasus pasien positif Covid-19 di Sanggau terus bertambah dan terjadi lonjakan. Menyikapi hal tersebut  Pemkab Sanggau telah menyiapkan tempat isolasi cadangan guna mengantisipasi jika tempat isolasi karantina dan tempat isolasi yang sudah ada penuh 

“Kapasitas tempat isolasi cadangan yang kita sediakan tersebut untuk sekitar 80 orang,”ucap Ginting,Kamis (29/4/2021).

Disampaikan Ginting berdasarkan data pertanggal 28 april 2021 total pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Sanggau sebanyak 757 kasus dimana 696 kasus sudah sembuh, 20 kasus meninggal dunia dan 41 orang masih proses penyembuhan atau isolasi.

“Unttuk yang isolasi sebanyak 6 orang isolasi karantina, 6 orang isolasi perawatan, 29 orang isolasi mandiri dan 109 orang masih menunggu hasil Swab PCR guna memastikan positif tidaknya terkonfirmasi Covid-19,”tutup Ginting. 

Penulis : Darmansyah