Komunitas Khatulistiwa Development Dirikan Rumah Baca di Perbatasan

Camat Sekayam Junaidi memotong pita sekaligus meresmikan rumah baca yang didiririkan Komunitas Khatulistiwa Development di Desa Balai Karangan Kecamatan Sekayam Kabupaten Sanggau, Minggu (11/4/2021). SUARAKALBAR.CO.ID/ Agus Alfian

Sanggau (Suarakalbar)- Komunitas  Khatulistiwa Development mendirikan rumah baca di perbatasan tepatnya di Desa Balai Karangan, Kecamatab Sekayam Kabupaten Sanggau,  Minggu (11/4/2021).

“Rumah baca ini adalah upaya untuk meningkatkan minat baca masyarakat diperbatasan dan sekaligus menjadi wadah bagi pemuda untuk diskusi terkait permasalahan pendidikan dan sebagainya,” ujar Deki, Ketua Rumah Baca.

Deki mengakui munculnya keinginan untuk mendirikan minat baca dari kalangan mahasiswa perbatasan yang tergabung di Komunitas Khatulistiwa development sudah sejak lama, namun baru sekarang bisa terealisasi. 

“Ada 2.149 buku sebagian besar bantuan dari donatur.dan ada juga bantuan buku dari desa Balai Karangan,” Kata Deki. 

Camat Sekayam, Junaidi berharap adanya rumah baca bisa menjadi tempat berkumpulnya pelajar, mahasiswa dan pemuda perbatasan, manfaatkan fasilitas yang ada dan harus dirawat. 

“Buku merupakan jendela dunia,karena itu manfaatkan fasiltas ini sebaik mungkin untuk mengali ilmu, terutama di tengah pademi covid-19 pelajar dituntut untuk belajar secara online dan harus banyak membaca untuk menambah wawasannya,” kata Junaidi. 

Kades Balai Karangan, Erzan menyampaikan mudah-mudahan rumah baca desa yang ada ini menjadi salah satu kebanggaan masyarakat Sekayam dan dapat menambah ilmu pelajar diperbatasan. 

“Saya mengucapkan terimah kasih kepada rekan mahasiwa dan Komunitas Khatulistiwa Development yang telah mempolopori rumah baca di Desa Balai Karangan,” katanya. 

Penulis : Agus Alfian