Bupati Lantik Empat Pimpinan Tinggi Pratama dan Satu Pejabat Fungsional

Bupati Sanggau Paolus Hadi melantik empat pejabat pimpinan tinggi pratama dan pejabat fungsional di ruang Kantor Bupati Sanggau, Jumat (30/4/2021).

Sanggau (Suara Kalbar) – Bupati Sanggau Paolus Hadi melantik empat pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan satu pejabat Fungsional di ruang pertemuan lantai satu Kantor Bupati Sanggau, Jumat (30/4/2021).

Kegiatan juga diikuti secara virtual dimasing-masing OPD dan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan

Paolus Hadi menyampaikan pelantikan har ini berdasarkan pedoman pada undang-undang nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) serta surat edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) nomor  52 tahun 2020. 

“Maka  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sanggau pada tahun 2021 melakukan mutasi atau rotasi antar pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dalam rangka penyegaran dan penempatan Pegawai Negeri Sipil sesuai dengan kompetensi masing-masing melalui uji kompetensi,” katanya.

Disampaikan Paolus Hadi bahwa uji kompetensi terhadap semua pejabat Pimpinan Tinggi Pratama telah dilaksanakan dan pelantikan hari ini sudah mendapat persetujuan dari komisi ASN sebagaimana surat rekomendasi nomor b-1571/kasn/04/2021 tanggal 20 April 2021 tentang  rekomendasi hasil uji kompetensi dalam rangka mutasi atau rotasi pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sanggau.

“Kita telah berkonsultasi secara tertulis kepada Gubernur sebagai wakil Pemerintah Pusat dan  Gubernur Kalbar  telah menerbitkan surat nomor 820/208/bkd-btanggal 22 Januari 2021 tentang penunjukan panitia seleksi uji kompentensi jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Kabupaten Sanggau yang salah satu anggotanya adalah Inspektur Provinsi Kalbar,”ucap Paolus Hadi.

Pejabat Pimpinan Pinggi Pratama mempunyai peran yang sangat penting dan strategis dalam struktur organisasi pemerintah karena merupakan jabatan yang mengoperasionalkan dan merelalisasikan kebijakan maupun program yang tertuang dalam perjanjian kinerja. Selain itu juga harus mampu menguasai peraturan pengelolaan keuangan, membangun komunikasi dan sinergitas dengan berbagai institusi lainnya, termasuk yang paling utama adalah dengan masyarakat.

“Saudara-saudara juga harus memiliki wawasan yang luas, mempunyai konsep inovasi yang cepat dan tepat, dan siap membantu pimpinan dalam merumuskan pelaksanaan kebijakan. Inilah yang dimaknai sebagai kompetensi pemerintahan,”ucapnya.

Sebelum mengakhiri sambutannya Bupati Paolus Hadi mengucapkan selamat kepada saudara-saudara yang telah dilantik. 

“Semoga amanah yang diberikan ini tetap menjadi motivasi bagi saudara dalam melaksanakan tugas,”tutup Paolus.

Adapun pejabat yang dilantik yaitu : 

1. Roni Fauzan Jabatan lama Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau, Jabatan baru Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sanggau.

2. Paolus Usrin Jabatan lama Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sanggau, Jabatan baru Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau.

3. Eka Pria Saputra Jabatan lama Staf Ahli Bupati Sanggau bidang kemasyarakatan dan sumber daya manusia, jabatan baru Inspektur Kabupaten Sanggau.

4. Didit Richardi Jabatan lama Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sanggau, Jabatan Baru Kepala Dinas Perumahan, Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan Kabupaten Sanggau.

5. Lubar sebagai Pejabat Fungsional Auditor Ahli Madya di Inspektorat Kabupaten Sanggau.

Penulis : Darmansyah