SUARAKALBAR.CO.ID
Beranda Nasional Blibli Travel & UMKM Fest, Upaya Aktifkan Kembali Sektor Pariwisata

Blibli Travel & UMKM Fest, Upaya Aktifkan Kembali Sektor Pariwisata

 

Platform digital untuk tumbuhkan industri pariwisata. (Pexels)

Suara Kalbar – Platform digital sangat diandalkan untuk kembali menumbuhkan industri pariwisata
saat ini. Karenanya, dengan melibatkan UMKM dan menggandeng Kementerian
Pariwisata dan Ekinomi Kreatif (Kemenparekraf), Blibli adakan ‘Blibli
travel & UMKM Fest’ untuk menggaet para wisatawan berlibur sekaligus
mempromosikan area wisata yang menerapkan standar protokol kesehatan
untuk mencegah penularan Covid-19.

Menteri Parekraf Sandiaga Uno
mengatakan, perlu tiga strategi utama untuk mengaktifkan lagi
pariwisata. Yaitu inovasi, adaptasi, dan kolaborasi. Strategi inovasi
dan adaptasi itu telah diterapkan dengan mentransformasikan penjualan
produk dari konvensional atau offline menjadi online. Kolaborasi dengan
berbagai stakeholders untuk promosi pemasaran hingga penjualan dan
pembayaran juga jadi kunci menumbuhkan industri wisata.

“Saya menyambut baik dilaksanakannya Blibli
Travel dan UMKM 2021. Karena memudahkan travelers untuk memilih dan
membeli produk paket wisata yang diinginkan. Tentunya setelah menerapkan
protokol kesehatan CHSE dengan ketat. Melalui kesempatan ini saya ingin
mengajak rekan-rekan untuk mendukung dan menyukseskan program bangga
berwisata atau #DiIndonesiaSaja,” kata Sandi dalam konferensi pers
virtual, Kamis (22/4/2021).

Lebih dari 75 ribu UMKM terkait wisata telah
bergabung dengan Blibli, kata EVP of Digital Produk dan Automotif
Kategori Blibli Lay Ridwan. Menurutnya, dukungan terhadap UMKM perlu
dilakukan karena keberadaannya menopang sebagian besar perekonomian.

“Untuk itu kami berkolaborasi dengan berbagai
stakeholder, khususnya pemerintah. Mengingat bahwa pemerintah sangat
konsen dan support kepada UMKM. Karena UMKM sendiri berkontribusi lebih
dari 60 persen perekonomian Indonesia,” ucap Lay.

Blibli Travel dan UMKM Fest yang diselenggarakan
pada 16-30 April itu akan menawarkan berbagai diskon untuk kebutuhan
berlibur. Sebanyak lebih dari 90 ribu pelaku pariwisata dan ekonomi
kreatif berpartisipasi dalam program itu. Termasuk asosiasi dan seller
di bidang perjalanan wisata, perhotelan dan desa wisata untuk
menghadirkan berbagai destinasi dan paket wisata.

Terdapat paket experiential tourism yang turut
hadir di program Blibli Travel & UMKM Fest, disediakan oleh sejumlah
pelaku UMKM di berbagai desa wisata yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Ada paket wisata yang kita jual itu pelakunya
UMKM lokal setempat. Itu juga menjadi sasaran kami sebagai penyedia
produk dan dengan ekosistem kami yang lengkap pelanggan pun akan semakin
dimudahkan untuk mencari paket wisata,” ucapnya.

Lay memastikan bahwa produk wisata maupun jasa
travel yang terdapat di Blibli telah dikurasi sesuai dengan komitmen
penjual. Selain itu juga termasuk dari segi protokol kesehatan dan
kebersihan. Menurut Lay, tahun ini telah mulai terlihat pergerakan pada
industri pariwisata, khususnya untuk ekonomi kreatif UMKM.

“Apalagi dengan ada vaksinasi dan semua pihak
untuk berkeinginan menjaga supaya industri ini tetap hidup. Pada
waktunya, kami siap untuk bergulir kembali,” pungkas Lay.

Join channel telegram websitekami.com agar tidak ketinggalan berita loker terbaru lainnya

Join now
Komentar
Bagikan:

Iklan