SUARAKALBAR.CO.ID
Beranda Nasional Ekonom CSIS Sebut Merger Gojek – Tokopedia Bisa Dongkrak Pemulihan Ekonomi

Ekonom CSIS Sebut Merger Gojek – Tokopedia Bisa Dongkrak Pemulihan Ekonomi

Kantor Gojek di Jakarta Selatan. [Suara.com/Dythia Novianty]

Suara Kalbar –  Ekonom Center for Strategic and International
Studies (CSIS) Yose Rizal Damuri menilai, keberadaan ekosistem platform
digital yang lebih mendukung sangat diperlukan saat ini, terutama untuk
mendongkrak permintaan dan kegiatan transaksi barang dan jasa oleh
masyarakat.

Selain itu, kolaborasi ini juga diyakini akan semakin memperkuat ekosistem UMKM yang selama ini menjadi pasar Gojek dan Tokopedia.

“Yang perlu diingat, kontribusi bisnis platform
digital sangat penting. Karena, industri ini terus mengalami pertumbuhan
yang pesat, baik dari sisi penjualan produk maupun distribusinya,” kata
Yose ditulis Kamis (7/1/2021).

Menurut dia, hal paling mendasar dari lambatnya pemulihan ekonomi
adalah kurangnya permintaan atau daya beli masyarakat terhadap produk
dan jasa. Kurangnya permintaan itu dipicu lantaran di masa pandemi,
masyarakat enggan keluar rumah untuk menghindar paparan virus Covid-19.

“Dengan adanya platform digital yang menawarkan
beragam kemudahan dalam layanannya, maka akan mendorong konsumen untuk
melakukan transaksi barang dan jasa,” imbuh Yose.

Yang terpenting, lanjut Yose, ketika merger
benar-benar terjadi, layanan yang disediakan oleh entitas hasil dari
kolaborasi Gojek dan Tokped, tidak eksklusif hanya untuk konsumen maupun
mitra yang ada di dalam ekosistem mereka saja.

Layanan yang diberikan harus terbuka untuk
masyarakat umum, bukan hanya pasar Gojek dan Tokopedia saja Inovasi jauh
lebih penting dibandingkan layanan yang eksklusif.

Terkait rencana merger dua startup paling
bernilai di Indonesia itu, Yose Rizal menjelaskan, model bisnis yang
dikembangkan para pelaku usaha startup adalah meraih pangsa pasar
melalui layanan atau produk yang punya skalabilitas.

Industri ekonomi digital yang ada saat ini basisnya adalah menghubungkan antara pasar yang satu dengan pasar yang lain.

Dia mencontohkan, sebagai sebuah platform
e-commerce, Tokped menghubungkan antara konsumen dengan mitra Tokped.
Jadi, model bisnis yang dikembangkan adalah meraih pasar melalui
efisiensi. Ini baik dari sisi konsumen maupun mitra dari platform
tersebut.

Sumber : Suara.com, Selengkapnya DISINI

Join channel telegram websitekami.com agar tidak ketinggalan berita loker terbaru lainnya

Join now
Komentar
Bagikan:

Iklan