Open BO, Himapol Fisip Untan: Peran Orang Tua Sangat Penting Dalam Mengawasi Anak

  • Bagikan
Muhammad Prima Umara.

“Pengawasan orang tua serta lingkungan adalah pengaruh besar bagi anak, maka jangan terlalu lalai terhadap pergaulan anak”

Oleh : Muhammad Prima Umara

Pengurus Himpunan Mahasiswa Ilmu Politik , Divisi PPIP menanggapi pemberitaan 59 Remaja di Pontianak siap ‘open BO’ di malam tahun baru, dengan tarif diskon 50%! sebagai perbuatan tercela yang seharusnya tidak boleh sampai terjadi.

Sebagaimana diberitakan yang diamankan 28 orang, 11 diantaranya perempuan bahkan 10 orang masih anak-anak terjerumus dalam prostitusi online ini, jelas telah mencoreng dan menghancurkan generasi muda.

Muhammad Prima Umara mahasiswa dari Himapol Fisip Universitas Tanjungpura berharap Komisi Perlindungan dan Pengawasan Anak Daerah (KPPAD) Kalimantan Barat dan Pihak terkait mengambil langkah tegas dalam penanganan kasus ini.

Kepada seluruh orang tua selalu mengawasi dan membatasi anaknya dalam penggunaan smart phone dan mengetahui pergaulan anaknya.

“Pengawasan orang tua serta lingkungan adalah pengaruh besar bagi anak, maka jangan terlalu lalai terhadap pergaulan anak,”ungkapnya.

“Namun apabila faktor ekonomi yang menjadi alasan anak sehingga mengerjakan hal sedemikian, maka peran orang tua menanamkan rasa keagamaan dalam diri anak tersebut,”lanjutnya.

Masih banyak sesuatu yang bisa dikerjakan untuk mendapatkan rejeki yang halal, namun media sosial terkadang menuntut seseorang mengenai gaya hidup bahkan tidak perduli dengan keadaan membuat seseorang menjadi melenceng dari seharusnya.

“Bagaimanapun keadaan teguhkan rasa syukur dan bawa pikiran kita ke arah yang lebih positif, sebab yang mengontrol pikiran kita adalah diri kita sendiri. Pikiran kita yang menuntun kita kemana arahnya,”tegasnya.


*Penulis adalah  Pengurus Himpunan Mahasiswa Ilmu Politik , Divisi PPIP

  • Bagikan
You cannot copy content of this page