Semangat Sumpah Pemuda

  • Bagikan

Ilustrasi Sumpah Pemuda.(Riauonline.co.id)

Oleh : Manto

28 Oktober 1928 adalah hari lahirnya sumpah pemuda yang dilatar belakangi karena pemuda indonesia pada saat itu Ingin mewujudkan persatuan dan kesatuan organisasi antar pemuda yang ada di Indonesia. Sumpah pemuda adalah tonggak dalam pergerakan untuk kemerdekaan suatu bangsa serta semangat untuk cita-cita berdirinya suatu bangsa tanpa penjajahan. 

Dengan sumpah pemuda, para pemuda yang dulunya berfikir untuk merdeka maka suda tak lagi mereka berjuang sendiri-sendiri melainkan bersama. “Beri aku 1.000 orang tua,  niscaya akan ku cabut semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia ” Ir. Soekarno. Semangat perjuangan pemuda-pemudi inilah yang dirindukan sekarang dan selalu diimpikan bangsa Indonesia. 

“Isi Sumpah Pemuda”

 Kami putra dan putri indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah indonesia. 

 Kami putra dan putri indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa indonesia. 

 Kami putra dan putri indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa indonesia. 

Dengan memperingati hari sumpah pemuda 28 oktober ini,  diharapkan pemuda-pemudi Indonesia khususnya pemuda-pemudi yang ada di Kalimantan Barat untuk turut berperan aktif dalam proses perkembangan dan kemajuan suatu bangsa. Serta berpartisipasi dalam memberikan yang terbaik untuk negeri ini, seperti halnya pendidikan,  teknologi, kesehatan, ekonomi, kebudayaan dan lain sebagainya. Pemuda harus siap menghadapi tantangan global, selalu berinovasi, menggembangkan bakat dan minat, lebih cerdas bersosial media, berperan aktif untuk kegiatan sosial.

Sebagai pemuda, kita harus bisa mengontrol keegoisan dan sifat kekanak-kanakan kita yang acuh tak acuh dan seolah tidak peduli terhadap perkembangan jaman. Sudah saatnya kita sebagai pemuda untuk menyongsong semangat baru untuk Indonesia maju. Serta menjadi agen of change untuk generasi-generasi yang akan datang. Sebagai pemuda yang peduli terhadap bangsa dan negara, kita juga harus turut mengawasi pemerintahan sekarang baik itu pemerintah pusat maupun daerah agar apa yang dikerjakan mereka dapat terkontrol dan berjalan dengan baik sesuai dengan apa yang diharapkan masyarakat.

Selain itu,  saya mengajak seluruh pemuda-pemudi yang ada di Kalimantan Barat turut berperan aktif dalam pengawasan pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada)  pada bulan desember mendatang, agar dapat menghasilkan pemimpin yang bersih serta berpihak pada kepentingan rakyat. Peranan aktif pemuda-pemudi lah yang sangat diharapkan negara untuk kekuatan serta kemajuan suatu bangsa. 

Dengan mengenang hari sumpah pemuda ini, saya sebagai pemuda dan putra daerah Kalimantan Barat  berharap kepada pemerintah dan wakil rakyat (DPR), agar selalu amanah dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab yang diberikan rakyat Indonesia, Juga selalu mendengarkan aspirasi dari masyarakat. Harapan kedepannya, saat membuat kebijakan atau regulasi selalu berpihak terhadap rakyat ketimbang kepentingan pribadi.

Penulis adalah Kabid Pergerakan Himapol Untan

  • Bagikan