News  

Satgas Covid-19 Ambil Swab dan Rapid Test 316 Warga Sekolah SMAN 1 Mempawah

 Pengambilan sampel Swab Test PCR bagi guru di SMAN 1 Mempawah.[Suarakalbar/Dian Sastra]

52Mempawah (Suara Kalbar)-Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kabupaten mengambil sampel Swab dan Rapid Test bagi warga sekolah di SMA Negeri 1 Mempawah, Selasa (04/08/2020) pagi.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Mempawah, Mukhtar Siagian, mengatakan, pengambilan Swab dan pelaksanaan Rapid Test bagi warga sekolah di SMAN 1 Mempawah merupakan tindak lanjut Surat Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar Nomor 445/2312/Dinkes/Yankes/A tertanggal 12 Juli 2020.

“Dalam surat tersebut, Satgas Covid 19 Kabupaten Mempawah diminta melaksanakan Rapid Test dan Swabs Test PCR bagi warga sekolah,” ungkap Mukhtar Siagian.

Pengambilan Swabs Test PCR, tambahnya, dikhususkan bagi para guru, staf tata usaha, cleaning service,  penjaga sekolah dan pemilik kantin yang berjumlah 80 orang. Sedangkan rapid test, dilakukan terhadap murid kelas III SMAN 1 Mempawah yang berjumlah 236 orang.

“Jadi hari ini, ada 316 orang yang akan diambil sampel Swabs dan Rapid Test. Sampel Swabs akan kita kirim ke Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar untuk diperiksa di laboratorium RS Untan Pontianak,” jelasnya.

Pelaksanaan test ini merupakan langkah awal  bagi SMAN 1 Mempawah agar bisa melaksanakan proses pembelajaran tatap muka di tengah pandemi Covid-19. Ia berharap, semoga semua hasil test negatif Covid-19.

Pelaksanaan pengambilan Swabs dan Rapid Test di sekolah, akan terus berlanjut. Pada Kamis (05/08/2020) besok, kegiatan serupa akan digelar bagi 244 warga sekolah di SMP Negeri 1 Jalan Gusti Abdul Hamid Mempawah.

Penulis : Dian Sastra

Editor    : Diko Eno