Aplikasi Mempawah Cerdas Diluncurkan, Buah Karya Tim IT Anak Muda Mempawah

Pemindaian telapak tangan Bupati Mempawah, Erlina, Wakil Bupati Muhammad Pagi, dan Ketua DPRD Ria Mulyadi, menandai diluncurkannya Aplikasi Mempawah Cerdas | Suarakalbar: Dian Sastra.

Mempawah (Suara Kalbar)-Untuk mempercepat realiasi program Smart City, Pemerintah Kabupaten Mempawah meluncurkan Aplikasi “Mempawah Cerdas” yang berbasis smartphone/android di Hari Kemerdekaan ke-75 RI, Senin (17/08/2020).

Lauching “Mempawah Cerdas” berlangsung di Balairung Setia, Kantor Bupati Mempawah. Terlihat hadir, Bupati Mempawah, Erlina, Wakil Bupati Muhammad Pagi, jajaran Forkopimda Mempawah, pimpinan OPD dan turut disaksikan secara daring di tiga kecamatan.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Mempawah, Rudi, menjelaskan, aplikasi Mempawah Cerdas dirancang oleh Tim IT Dinas Kominfo dengan maksud sebagai sarana break data dan pusat informasi serta pusat terintegrasi dari seluruh aplikasi layanan publik di Kabupaten Mempawah.

Aplikasi Mempawah Cerdas ini, tambahnya, sudah terdaftar di Google dan menunggu verifikasi untuk selanjutnya dapat diunduh secara gratis di Playstore melaui Android/Smartphone masyarakat Kabupaten Mempawah.

Yang menarik, Rudi menjelaskan, Tim IT yang merancang dan menyusun Aplikasi Mempawah Cerdas terdiri atas tiga anak muda Mempawah yang direkrut dan dibiayai oleh APBD tahun anggaran 2020.

“Ini artinya, anak-anak muda Kota Mempawah juga memiliki potensi, kualitas, kapasitas dan kemampuan dalam rangcang bangun dan mendesain sebuah aplikasi Smartphone sehingga membuat kita bangga,” imbuhnya.

Kepala Bidang Aplikasi dan Informatika Dinas Kominfo, Iqbal Suparta mengatakan, Aplikasi Mempawah Cerdas terdiri atas 18 modul, yang masing-masing aplikasi akan mempermudah masyarakat untuk mengakses informasi dalam satu genggaman.

Modul pertama adalah menampilkan profil Kabupaten Mempawah. Kemudian, modul berita yang otomatis terintegrasi dengan website Pemerintah Kabupaten Mempawah.

Selanjutnya, tersedia modul posisi kita berdiri. Jadi saat membuka modul ini, daerah-daerah yang tampak pada layar kita berdiri akan terdeteksi semuanya.

“Dengan demikian, modul ini akan mempermudah bagi pengguna Aplikasi Mempawah Cerdas untuk mengenali wilayah jika hendak berkunjung di Kabupaten Mempawah,” beber Iqbal.

Kemudian, tersedia juga modul kantor pos dan perbankan, kesehatan, kuliner, pendidikan, wisata, jaringan pengiriman, layanan publik, taksi, hotel atau penginapan, seni budaya, rumah ibadah, agenda daerah, call center, tempat belanja dan cuaca.

Launching Mempawah Cerdas dengan pemindaian telapak tangan Bupati, Wakil Bupati dan Ketua DPRD yang menandai diresmikannya aplikasi lengkap menuju Mempawah Smart City yang menjadi Visi-Misi Bupati-Wakil Bupati Mempawah dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Penulis : Dian Sastra