News  

SMA PL St. Yohanes Ketapang Tutup MPLS

Acara penutupan MPLS

Ketapang (Suara Kalbar) – SMA Pangudi Luhur (PL) St. Yohanes Ketapang tutup Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).

MPLS SMA PL St. Yohanes Ketapang tahun ajaran 2019/2020 berlangsung selama tiga hari, 17 – 19 Juli 2019. Puncak acara MPLS-nya diadakan upacara penutupan (19/7), sore.

Selama tiga hari itu, 328 siswa baru SMA PL St. Yohanes berkesempatan untuk mengenal lingkungan sekolah. Oleh OSIS SMA PL St. Yohanes, yang didampingi para guru, siswa baru diajak untuk mengetahui semua disiplin, peraturan, dan tata tertib yang berlaku di SMA PL. St. Yohanes. Di sesi akhir, para siswa baru diberi kesempatan untuk berkenalan dengan seluruh guru dan karyawan/i SMA PL St. Yohanes.

Acara penutupan MPLS dilakukan dengan upacara di halaman SMA PL St. Yohanes. Upacara penutupan dipimpin langsung oleh Br. Valentinus Naryo, FIC, M. Pd. Ketua Komite Sekolah, para guru dan karyawan/i SMA PL St. Yohanes pun ikut hadir pada acara penutupan MPLS.

Acara penutupan MPLS ditandai dengan penyerahan 328 siswa baru oleh Ketua Komite Sekolah kepada Kepala Sekolah SMA PL. St. Yohanes.

Dalam sambutannya, Thomas Tion Sution, Ketua Komite Sekolah SMA PL St. Yohanes menyampaikan pesan agar siswa baru yang datang dari berbagai kampung pedalaman benar-benar memanfaatkan waktu dan kesempatan untuk belajar selama sekolah di SMA PL St. Yohanes.

Secara khusus Thomas Tion menyampaikan pesan untuk siswa baru dari kampung-kampung. “Ingat. Tujuan adek-adek sekolah di SMA PL St. Yohanes ini adalah untuk belajar dan belajar. Manfaatkan waktu selama tiga tahun sekolah di SMA PL St. Yohanes untuk belajar dan meraih prestasi. Fokuskan diri hanya untuk belajar,” ujarnya.

Thomas Tion juga mengingatkan agar siswa baru tidak mudah terpengaruh oleh hal-hal negatif yang bisa menjerumuskan.

“Hati-hati. Jangan sampai adek-adek terjerumus, terjebak pada hal-hal negatif, seperti pergaulan bebas, kenakalan remaja dan narkoba. Sebab kalau sempet terjerumua dan terjebak pada hal-hal negatif, maka semuanya akan sia-sia, semua harapan akan pupus,” ujar Thomas Tion.

Br. Valentinus Narya, FIC, M. Pd., Kepala Sekolah SMA PL St. Yohanes, dalam sambutannya meyakinkan siswa baru bahwa SMA PL St. Yohanes adalah pilihan yang tepat bagi siswa baru yang ingin sukses di masyarakat. SMA PL St. Yohanes lah yang bisa menjamin siswa baru supaya bisa meraih prestasi. Syaratnya adalah hanya dengan mentaati pedoman SMA PL. St. Yohanes.

“Anak-anaku, yakinlah, jika kalian berlajar dengan sungguh-sungguh selama tiga tahun di SMA PL St. Yohanes ini, kelak kalian pasti menjadi orang-orang yang sukses di masyarakat,” tandas Br. Valen.

Di akhir acara, kepada para siswa baru, Br. Valen pun memperkenalkan satu per satu anggota keluarga besar SMA PL St. Yohanes, mulai dari guru-guru sampai ke karyawan/i di lingkungan SMA PL St. Yohanes.

Penulis: Tim liputan

Editor: Admin Suara Kalbar