Trafik data XL Axiata naik 24 persen saat pemilihan Presiden 2019

Jakarta(Suara Kalbar)– Momen Pemilihan Presiden 2019 telah mendorong kenaikan trafik layanan PT XL Axiata Tbk (XL Axiata). Tercatat dalam periode antara tanggal 16 – 18 April 2019, trafik data mengalami kenaikan tertinggi hingga 24% dibandingkan trafik hari normal. Sementara itu trafik voice naik 4%.
Group Head Corporate Communications XL Axiata, Tri Wahyuningsih mengatakan kenaikan trafik data terutama didorong oleh penggunaan akses ke berbagai saluran berita yang meningkat sebesar 190% dibanding hari normal. Akses ke medsos seperti Facebook, Instagram, Twitter naik 6%, instant messenger seperti WhatsApp, Telegram, dan lainnya juga meningkat hingga 30%.
“Yang menarik, akses ke games online juga naik signifikan, yaitu sampai 175%. Sepertinya banyak pelanggan yang memanfaatkan hari libur Pilpres untuk bersantai juga dengan main games,” ungkapnya kepada wartawan.
Sepanjang periode sehari sebelum dan setelah Pilpres 2019 kemarin masyarakat juga sangat antusias mengunggah foto dan video terkait pesta demokrasi yang berlangsung. Ini terlihat dari naiknya data berupa foto dan video yang diunggah melalui berbagai saluran digital naik hingga 7%
Data menarik lainnya, karena hari Pemilihan Presiden 2019 adalah hari libur dan berdekatan dengan hari libur Paskah dan libur akhir pekan, maka banyak warga yang memilih pulang kampung atau juga berlibur sambil sambil mengikuti pencoblosan.
“Hal ini terlihat dari berpindahnya lokasi pelanggan dari area lokasi awal ke area lain. Khusus pelanggan di area Jabodetabek, paling banyak berpindah ke Jawa Barat. Tasikmalaya menjadi area tujuan tertinggi pelanggan asal Jabodetabek dengan 17%, Garut 14%, Kuningan dan Indramayu sekitar 10%,” jelasnya.
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) adalah salah satu perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia. XL Axiata fokus menyediakan layanan digital guna memberikan kemudahan bagi aktifitas kehidupan masyarakat serta mendorong perkembangan ekonomi digital Indonesia. Mulai beroperasi secara komersial sejak 8 Oktober 1996, XL Axiata saat ini menyediakan beragam layanan bagi pelanggan ritel dan korporat yang didukung jaringan luas dan berkualitas di seluruh Indonesia.
“Sejak Desember 2014, XL Axiata telah mengimplementasikan jaringan 4G LTE, yang dilanjutkan dengan pengembangan 4G LTE komersial skala nasional pada bulan Juli 2015. XL Axiata merupakan bagian dari Axiata Group bersama dengan Celcom (Malaysia), Dialog (Sri Lanka), Robi (Bangladesh), Smart (Cambodia), Ncell (Nepal), Idea (India), dan M1 (Singapore),” pungkasnya.
Penulis : Dina Wardoyo
Editor. : Kundori
Join channel telegram websitekami.com agar tidak ketinggalan berita loker terbaru lainnya
Join now




