News  

Wakil Bupati Natuna: Generasi Muda Harus Fokus Tingkatkan Kompetensi Diri Agar Mampu Hadapi Tantangan Global

NATUNA – Generasi muda adalah penerus pembangunan dan perjuangan bangsa. Untuk itu nasibnya menjadi tugas bersama untuk menyelamatkannya dari berbagai pengaruh negatif kemajuan pembangunan.

Untuk mampu menghadapi tantangan zaman dan persaingan global, kewajiban para generasi muda adalah membekali diri dengan keinginan untuk terus belajar, tidak hanya sampai pada tingkat SLTA, melainkan harus melanjutkan ditingkat perguruan tinggi dengan disiplin ilmu dan bekal pengetahuan yang lebih baik.

Walaupun pengelolaan dan pembinaan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) sederajat sudah menjadi tanggungjawab pemerintah Provinsi, namun Pemerintah Kabupaten tidak akan tinggal diam jika terdapat permasalahan dalam proses belajar mengajar maupun proses pembenahan fasilitas dan sarana pendukung aktifitas sekolah.

Hal ini disampaikan Wakil Bupati Natuna, Ngesti Yuni Suprapti dalam sambutannya ketika menjadi Pembina Apel Bersama di Halaman SMA Negeri 1 Bunguran Selatan yang digelar Senin (21/01) pagi.

Kegiatan tersebut dihadiri pula oleh Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah dan Majelis Guru serta siswa-siswi SMA Negeri 1 Bunguran Selatan.

Menurut Ngesti, usia remaja saat ini sangat rentan dengan prilaku kenakalan remaja dimana salah satu penyebabnya adalah informasi global yang didapat dari internet, pengawasan yang kurang memadai serta pembekalan norma agama yang masih harus ditingkatkan.

Untuk itu, pemerintah daerah telahpun bersinergi dengan pihak kepolisian untuk dapat terus mensosialisasikan berbagai prilaku kenakalan remaja yang harus dibendung. Hal ini harus menjadi perhatian bersama, mengingat kenakalan remaja merupakan salah satu cerminan rusaknya mental dan terkikisnya moral generasi muda.

Upaya penyelamatan generasi muda dalam upaya mempersiapkan sumberdaya manusia yang berkualitas harus terus diupayakan, mengingat daerah ini memiliki berbagai potensi yang membutuhkan kerja keras dan partisipasi aktif terutama dari putra daerah dimasa hadapan.

Untuk itu, proses dan upaya meningkatkan kompetensi diri harus terus menjadi fokus dari generasi muda, agar dimasa depan tidak menjadi penonton dinegeri sendiri.

Selain itu, Ngesti juga menambahkan bahwa sesuai Surat Edaran Bupati Natuna mengenai Kebersihan Lingkungan, pada intinya pemerintah daerah berharap adanya dukungan dari semua pihak untuk meningkatkan kesadaran terhadap upaya pelestarian lingkungan sekitar.

Diantaranya dengan cara membuang sampah pada tempatnya, memilah sampah plastik untuk selanjutnya dapat didaur ulang.

Perhatian terhadap sampah plastik harus menjadi fokus bersama karena sampah berbahan plastik sulit untuk terurai dan berdampak buruk pada keseimbangan ekosistem dan lingkungan hidup.

Penulis : Imam