Penetapan Lokasi Bandara KKU Ditetapkan

Wakil Bupati Kayong Utara Effendi Ahmad menerima SK Penlok Bandar Udara Melalui Kepala Bagian Peraturan Transportasi Udara, Multimoda. dok.foto.Prokopim KKU

Kayong Utara (Suara Kalbar)- Pemkab Kayong Utara telah menerima Surat Keputusan Menteri Perhubungan tentang Penetapan Lokasi (Penlok) Bandar Udara yang diterima lagsung Wabup Effendi Ahmad di Kantor Kemenhub RI, Jakarta (22/9/2021).

“Alhamdulillah hari ini, saya menerima langsung SK Menteri Perhubungan tentang Penlok Bandara di Kayong Utara yang diserahkan melalui Kepala Bagian Peraturan Transportasi Udara, Multimoda dan Penunjang, Biro Hukum, Sekretariat Jenderal Kemenhub RI, Bapak Israful Hayat,” ujar Wabup Effendi dihubungi melalui via whatsapp.

Menurut Wabup Effendi, SK Menteri Perhubungan Nomor KM 201 Tahun 2021 tersebut sebenarnya telah ditandatangani Menteri pada 16 September lalu.

Dalam klausul Penlok tersebut, penetapan Bandara di Kabupaten Kayong Utara telah berdasarkan hasil studi dan evaluasi yang dilakukan, lokasi bandar udara di Kabupaten Kayong Utara Provinsi Kalimantan Barat telah memenuhi persyaratan administratif dan teknis untuk ditetapkan sebagai lokasi bandara.

“Setelah SK Penlok ini kita dapat, langkah selanjutnya tinggal melakukan pembebasan lahan, yang saat ini sudah sampai pada tahap pembayaran, semoga ini dapat selesai secepatnya,” jelas Effendi.

Wabup Effendi meyampaikan ribuan terima kasih atas seluruh pihak yang telah membantu memberikan dukungan sehingga SK Penlok Bandara Kayong Utara ini dapat terbit.

“Ini merupakan kerja keras semua pihak, yang telah ikut membantu sehingga Penlok Bandara KKU dapat terbit. Saya bersama Bapak Bupati Kayong Utara, Citra Duani mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Budi Karya selaku Menteri Perhubungan yang telah bersedia menerbitkan Penlok ini,” katanya.

Anggota DPR RI Dapil Kalbar 1 yang telah memberikan banyak masukan dan saran, dan berkomunikasi dengan berbagai pihak, Gubernur Kalbar, Bapak H. Sutarmidji yang telah mendukung Kabupaten Kayong Utara, Kajari Ketapang, Kapolres KKU, rekan-rekan ASN yang siang malam ikut mempersiapkan segala sesuatu untuk memenuhi persyaratan yang diperlukan.

“Anggota DPRD KKU, rekan-rekan di BPN KKU, teman kami Daud Jordan yang dalam banyak hal menjembatani komunikasi dengan berbagai pihak, dan terkhusus ucapan terima kasih kami haturkan kepada ayahanda kita, Bapak DR. H. Oesman Sapta Odang atas bimbingan dan masukan beliaulah kita bisa terus berusaha agar Kayong Utara dapat memiliki bandara,” kata Effendi.

Dalam menerima SK Penlok Bandar Udara KKU ini, Wakil Bupati juga di dampingi Sekretaris Dinas Perhubungan KKU Andri Chandra.